//

MODIFIKASI MESIN PENCACAH TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT TIPE REEL SILINDER DENGAN PENAMBAHAN ROLL PENGEPRES

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AHMAD GUSMAN MUFTHI - Personal Name
SubjectAGRICULTURE - TECHNOLOGY ASPECTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Tandan kosong sawit (TKS) merupakan limbah buangan dari pabrik pengolahan minyak sawit yang ketersediaannya di Indonesia pada tahun 2010 cukup berlimpah ± 6.034.325,7 ton. Biasanya tandan kosong kelapa sawit ini langsung diolah menjadi pupuk, namun pada kenyataannya saat ini kebanyakan tidak diolah dan hanya dibiarkan saja di lapangan. Oleh sebab itu Tandan Kosong Sawit (TKS) merupakan suatu permasalahan yang harus dipecahkan dengan memodifikasi suatu mesin pencacah Tandan Kosong Sawit (TKS) yang mampu untuk mencacah TKS menjadi bagian yang lebih kecil. Tujuan dari penelitian ini untuk memodifikasi mesin pencacah pada bagian hopper serta menambahkan roll pengepres pada pintu masuk silinder pecacah agar tandan kosong digiling terlebih dahulu dengan harapan lebih mempermudah proses pemasukkan bahan dan memperkecil ukuran bahan yang ingin dicacah sehingga menghasilkan cacahan tandan kosong yang lebih halus. Penelitian ini menggunakan motor penggerak mesin diesel dengan daya 6,5 HP, dengan bahan Tandan Kosong Sawit (TKS) sebanyak 3 kali ulangan dengan berat setiap ulangan 4,005 kg. Mesin pencacah TKS didesain dengan menggunakan Autocad 2017 dan software sketchup, serta melakukan pengujian kinerja mesin yaitu kapasitas efektif mesin, hasil cacahan dan kehilangan hasil cacahan pada mesin pencacah TKS yang didesain. Penambahan yang terjadi pada mesin pencacah ini yaitu roll pengepres dimana roll pengepres diletakkan berdekatan dengan hopper sebelum bahan yang ingin dicacah masuk ke dalam silinder pencacah. Tujuan dari penambahan roll pengepres ini agar memudahkan bahan yang ingin dicacah baik dalam segi memasukkan bahan menuju silinder pencacah dan dalam segi pengecilan ataupun pemipihan bahan. Hasil modifikasi mesin pencacah menunjukkan bahwa kapasitas efektif mesin terbesar didapat pada ulangan yang ke-2 (U2) yaitu 3,8888 kg/jam dengan waktu pencacahan yaitu 62 menit dan kehilangan hasil terkecil didapat pada pengulangan yang ke-3 (U3) yaitu 26,59%. Adapun analisa teknik yang dihitung berdasarkan hasil modifikasi mesin pencacah ini yaitu perhitungan putaran pully dan roda gigi, perhitungan torsi, perhitungan kecepatan angular sehingga didapatkan kebutuhan mesin yang digunakan 2 HP. Dengan kebutuhan mesin 2 HP maka dapat disimpulkan alat pencacah tandan kosong kelapa sawit sudah baik untuk mencacah tandan kosong, hanya saja silinder pencacah yang kurang besar dan mata pisau pencacah yang kurang tajam untuk mencacah tandan kosong kelapa sawit.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI KINERJA ROLL PENGEPRES DENGAN BEBERAPA VARIASI KECEPATAN PUTARAN PADA ALAT PENCACAH TIPE REEL TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS JACQ) (Cut Nurul Zakiyya Idris, 2018)

MODIFIKASI MATA PISAU TIPE REEL SILINDER PADA MESIN PENCACAH PELEPAH SAWIT (MIFTAH CHAIRI, 2017)

DESAIN DAN PENGUJIAN KINERJA ALAT PENCACAH PELEPAH SAWIT TIPE REEL SILINDER (MUHAMMAD RAZI, 2017)

PENGARUH PENAMBAHAN SELULOSA PADA KOMPOSIT POLIPROPILENA (DENI SUPRIA, 2019)

PENGARUH PENAMBAHAN SELULOSA PADA KOMPOSIT POLIPROPILENA (AJA MUNTAHAR, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy