PENGARUH PEMBERIAN VERMIKOMPOS TERHADAP PERUBAHAN BEBERAPA SIFAT KIMIA TANAH ULTISOL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PEMBERIAN VERMIKOMPOS TERHADAP PERUBAHAN BEBERAPA SIFAT KIMIA TANAH ULTISOL


Pengarang

UCI FITRIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1305108010029

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Ilmu Tanah (S1) / PDDIKTI : 54294

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pengaruh Pemberian Vermikompos Terhadap Perubahan Beberapa Sifat Kimia
Ultisol



Uci Fitria1, Zuraida1, Ilyas1*
1Program Studi Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala




Abstrak. Usaha pertanian di Ultisol akan menghadapi sejumlah permasalahan karena Ultisol umumnya mempunyai pH rendah yang menyebabkan kandungan Al, Fe, dan Mn terlarut tinggi sehingga dapat meracuni tanaman. Pemupukan dengan pupuk organik dapat mengatasi kendala untuk meningkatkan produktivitas tanah ultisol, salah satunya berupa vermikompos. Vermikompos adalah pupuk organik yang diperoleh melalui proses yang melibatkan cacing tanah dalam proses penguraian atau dekomposisi bahan organiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh pemberian vermikompos terhadap perbaikan sifat kimia tanah Ultisol. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Kimia Tanah Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, Laboratorium Penelitian Tanah Tanaman dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Penelitian berlangsung pada Maret sampai Oktober 2017. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Rancangan Percobaan (Experimental Design) dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial. Faktor perlakuan adalah dosis vermikompos yaitu: V0 = 0 ton/ha-1, V1 = 15 ton/ha-1, V2 = 20 ton/ha-1, V3= 25 ton/ ha-1 dan V4 = 30 ton/ ha-1. Masing-masing perlakuan diulang sebanyak 4 kali. Parameter yang diamati adalah pH (H2O dan KCl), C- Organik, N total, P tersedia, Al-dd, dan C/N. Hasil penelitian menunjukkan bahwa vermikompos dapat mempengaruhi beberapa sifat kimia tanah Ultisol Jantho. Pemberian vermikompos pada tanah Ultisol nyata meningkatkan P tersedia pada 3 dan 5 MSI, dan nyata meningkatkan C- Organik tanah pada 3 MSI. Pemberian vermikompos pada tanah Ultisol tidak memberikan pengaruh nyata terhadap pH, Al-dd, N total, dan C/N.

Kata Kunci : Vermikompos, Sifat Kimia Tanah, Ultisol

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK