PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN TIPE STAD PADA MATERI JARINGAN HEWAN DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN TIPE STAD PADA MATERI JARINGAN HEWAN DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH


Pengarang

Zakiah Rahmi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906103010083

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Think Pair Share, Student Teams
Achievement Division, Jaringan Hewan, Hasil Belajar Siswa Penelitian berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Materi Jaringan Hewan di SMA Inshafuddin” telah dilaksanakan mulai Agustus sampai Desember 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe STAD pada materi jaringan hewan di kelas XI SMA Inshafuddin. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pre-eksperimen design, dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan sampel yang diambil adalah kelas XI IPA 1 sebanyak 20 siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan XI IPA 2 sebanyak 20 siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dan angket respon siswa. Analisis data dengan menggunakan uji-t dua pihak dengan taraf signifikan ?= 0,05. Dari hasil pengolahan data didapat thitung = 2,41 dan ttabel = 2,02, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi jaringan hewan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan STAD di kelas XI IPA SMA Inshafuddin Banda Aceh, dan hasil belajar dan aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK