Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN TIPE STAD PADA MATERI JARINGAN HEWAN DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH
Pengarang
Zakiah Rahmi - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0906103010083
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.15
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Think Pair Share, Student Teams
Achievement Division, Jaringan Hewan, Hasil Belajar Siswa Penelitian berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada Materi Jaringan Hewan di SMA Inshafuddin” telah dilaksanakan mulai Agustus sampai Desember 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe STAD pada materi jaringan hewan di kelas XI SMA Inshafuddin. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pre-eksperimen design, dengan pendekatan kuantitatif deskriptif, dengan sampel yang diambil adalah kelas XI IPA 1 sebanyak 20 siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan XI IPA 2 sebanyak 20 siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dan angket respon siswa. Analisis data dengan menggunakan uji-t dua pihak dengan taraf signifikan ?= 0,05. Dari hasil pengolahan data didapat thitung = 2,41 dan ttabel = 2,02, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi jaringan hewan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan STAD di kelas XI IPA SMA Inshafuddin Banda Aceh, dan hasil belajar dan aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA DI KELAS IV SDN 62 BANDA ACEH (, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014)
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKSPONEN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) DI KELAS VII SMP FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH (Dovran Abdyrahmanov, 2014)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DI KELAS IV SD NEGERI 69 BANDA ACEH (maya masyittah, 2014)
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VRNSD NEGERI 2 PEUKAN BADA (MAILA PUSPITA SARI, 2015)