Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI INDIKATOR ASAM-BASA BERBASIS BAHAN ALAM DI KELAS XI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH
Pengarang
FARAH DIANA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1406103040052
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian tentang pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) materi indikator asam-basa berbasis bahan alam telah dilakukan di kelas XI MIPA4 SMA Negeri 12 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD materi indikator asam-basa berbasis bahan alam serta menguji tingkat kelayakan dari LKPD yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang dosen kimia, 3 guru mata pelajaran kimia, dan 25 peserta didik kelas XI MIPA4 di SMA Negeri 12 Banda Aceh yang terdiri dari 8 siswa dan 17 siswi. Teknik pengumpulan data diperoleh dari angket validasi LKPD, angket tanggapan LKPD dari guru dan peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket validasi LKPD, lembar angket tanggapan LKPD dari guru dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah validasi kelayakan LKPD serta tanggapan guru dan peserta didik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelayakan LKPD materi indikator asam-basa berbasis bahan alam memperoleh persentase rata-rata sebesar 91,50% dengan kategori “Sangat Layak”. Nilai rata-rata hasil angket tanggapan guru yaitu sebesar 90% termasuk dalam kategori “Baik Sekali”. Nilai rata-rata hasil angket tanggapan peserta didik yaitu sebesar 83,8% termasuk dalam kategori “Baik Sekali”. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa LKPD materi indikator asam-basa berbasis bahan alam sangat baik digunakan sebagai sumber belajar.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Maria Ulfa, 2015)
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI DI SMAN 4 BANDA ACEH (Shinta Jerianti. AR, 2016)
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MASALAH PADA MATERI REAKSI REDOKS DI KELAS X SMAN 9 BANDA ACEH (Maulidayani, 2018)
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) PADA MATERI REDOKS DI KELAS X SMAN 5 BANDA ACEH PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) PADA MATERI REDOKS DI KELAS X SMAN 5 BANDA ACEH (DICKY DERMAWAN, 2018)
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MASALAH PADA MATERI KOLOID DI KELAS XI SMAN 5 BANDA ACEH (RIZA MAULINA, 2019)