//

HUBUNGAN EKS PEKERJA DI MALAYSIA TERHADAP MOBILITAS SOSIAL (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN AIR JOMAN, KABUPATEN ASAHAN, SUMATERA UTARA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Sekar Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Himpitan ekonomi serta penghasilan yang tidak mencukupi memotivasi seseorang untuk menjadi pekerja di Malaysia dengan tujuan dapat meningkatkan status sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Eks pekerja di Malaysia terhadap mobilitas sosial. Hipotesis dalam penelitian ini: 1) Ha: Terdapat hubungan bahwa dengan menjadi pekerja di Malaysia dapat menciptakan mobilitas sosial vertikal. 2) H0: Tidak terdapat hubungan bahwa dengan menjadi pekerja di Malaysia dapat menciptakan mobilitas sosial vertikal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel diperoleh dengan cara menggunakan teknik snowball sampling. Untuk menganalisis penelitian, peneliti menggunakan teori yang dikemukakan oleh Paul B. Horton dan Chester L. Hunt mengenai mobilitas sosial. Hasil penelitian menunjukkan, 1) Mobilitas sosial yang terjadi pada eks pekerja di Malaysia didominasi oleh mobilitas sosial vertikal. Hal ini dapat dilihat dari perubahan penghasilan dan pekerjaan masyarakat setelah menjadi pekerja di Malaysia. Dilihat dari penghasilan masyarakat sebelum menjadi pekerja di Malaysia sebanyak 64% berada pada posisi Rp.1.100.000-1.500.000 kemudian setelah menjadi pekerja di Malaysia sebanyak 52% berpenghasilan Rp.3.600.000-4.000.000. Kemudian dari segi pekerjaan dapat dilihat dari pekerjaan sebelum menjadi pekerja di Malaysia, sebanyak 64% bekerja sebagai tenaga lepas kemudian setelah menjadi pekerja di Malaysia sebanyak 32% menjadi pedagang besar serta pengusaha. 2) Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji Chi-square didapatkan nilai p value 0,048 yang berarti value

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PRARANCANGAN PABRIK NATA DE PINA DENGAN KAPASITAS PRODUKSI 1.000 TON/TAHUN (Wulan Windari, 2013)

PRARANCANGAN PABRIK NATA DE PINA DENGAN KAPASITAS PRODUKSI 1.000 TON/TAHUN (Cut Putri Agustina, 2013)

ANALISIS PENGARUH PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN TERHADAP MOBILITAS PEKERJA WANITA DARI SEKTOR INDUSTRI KE SEKTOR JASA DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Maimunnah AB, 2021)

MOBILITAS SOSIAL PADA MASYARAKAT NELAYAN (STUDI DI KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN) (Masna, 2016)

MOBILITAS PEKERJAAN DI KALANGAN EKS KOMBATAN GAM (STUDI DI GAMPONG LIGAN KABUPATEN ACEH JAYA) (Elviana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy