PERUBAHAN HUBUNGAN SOSIAL DALAM KONTEKS EKONOMI PADA MASYARAKAT SEKITAR PARIWISATA TAMAN RUSA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERUBAHAN HUBUNGAN SOSIAL DALAM KONTEKS EKONOMI PADA MASYARAKAT SEKITAR PARIWISATA TAMAN RUSA


Pengarang

MUSTAFA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1310101010069

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Sosiologi (S1) / PDDIKTI : 69201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Keberadaan Pariwisata Taman Rusa di Gampong lamtanjong Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar telah mempengaruhi masyarakat Gampong Lamtanjong ditandai dengan adanya perubahan hubungan sosial pada aspek ekonomi masyarakat setempat. Bagaimana perubahan ekonomi masyarakat disekitar Pariwisata Taman Rusa dan apakah perubahan dalam konteks ekonomi membawa dampak pada perubahan hubungan sosial didalam masyarakat. Penelitan ini bertujuan mengetahui dan menjelaskan kondisi sosial ekonomi masyarakat Gampong Lamtanjong sesudah adanya Pariwisata Taman Rusa. Penelitian ini juga bertujuan mengetahui bagaimana perubahan ekonomi membawa perubahan dalam hubungan sosial masyarakat Gampong Lamtanjong Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Aceh Besar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder, dengan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelumnya sebagian besar masyarakat Gampong Lamtanjong hanya mengandalkan sektor pertanian dalam pemenuhan kebutuhan hidup, namun setelah adanya pembangunan Pariwisata Taman Rusa masyarakat mulai mengalami perubahan dalam konteks ekonomi dimana masyarakat mendapatkan kesempatan bekerja maupun berdagang di Taman Rusa. Hal ini ditandai dengan keberadaan Taman Rusa memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar, terkait adanya lapangan pekerjaan, perubahan mata pencaharian dan perubahan pendapatan. Selain itu perubahan hubungan sosial masyarakat dalam konteks ekonomi telah membawa masyarakat Gampong Lamtanjong mengalami peningkatan pendapatan yang awalnya berprofesi sebagai buruh tani menjadi karyawan atau pedagang disekitar Taman Rusa tanpa meninggalkan profesi awal mereka.

Kata Kunci : Pariwisata Taman Rusa, Perubahan Ekonomi, Masyarakat

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK