//

DAMPAK MODERNISASI PERTANIAN TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI PEREMPUAN DI KABUPATEN PIDIE PROVINSI ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Musbar Citra Gunawan - Personal Name
SubjectSOCIOLOGY, RURAL
AGRICULTURAL SOCIOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Dampak Modernisasi Pertanian Terhadap Pendapatan Petani Padi perempuan Di Kabupaten Pidie Nama : Musbar Citra Gunawan NIM : 1201101010120 Fak./Jurusan : EkonomidanBisnis/ Ekonomi Pembangunan DosenPembimbing : Fakhruddin S.E., M.S.E Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dengan adanya proses modernisasi pertanian terhadap pendapatan petani padi perempuan di kabupaten Pidie.. Model yang digunakan adalah uji beda dengan menggunakan independent sampel t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses modernisasi pertanian memiliki dampak positif dan dampak negatif. Petani pemilik lahan mengalami peningkatan pendapatan bersih dikarenakan berkurangnya biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi sedangkan buruh tani perempuan mengalami penurunan pendapatan. Hal ini dikarenakan peluang kerja dan jam kerja yang dimiliki oleh buruh tani menjadi berkurang karena digantikan oleh mesin mesin modern. Jika ingin bertahan sebagai buruh tani maka petani perempuan sebaiknya meningkatkan skill penggunaan teknologi modern agar peluang kerja yang selama ini di dapat tidak hilang. Buruh tani perempuan juga dapat mencoba masuk ke sector lain yang memberikan peluang kerja dan pendapatan lebih baik. Kata Kunci: ModernisasiPertanian, Pendapatan, Produksi, Uji BedaStatistik T

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MODERNISASI PERTANIAN PADA PETANI PADI DI KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA (Fatthaya, 2017)

PERBANDINGAN KONTRIBUSI USAHA TANI PADI DAN KEDELAI TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI KECAMATAN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA (Syarifah Urza, 2020)

PENGARUH KEPEMILIKAN MODAL TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI DI KECAMATAN SAKTI KABUPATEN PIDIE (MUHAMMAD IKHSAN, 2016)

DAMPAK PENGGUNAAN MESIN PANEN PADI (COMBINE HARVESTER) TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI KECAMATAN GLUMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE (MUHARRAM, 2018)

PENGARUH VARIABEL-VARIABEL PENYULUHAN TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI KECAMATAN TRIENGGADENG KABUPATENPIDIE JAYA (YUNIS, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy