//

AUTO GEOPROCESSING PEMETAAN DAERAH RAWAN BANJIR BERBASIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NIZAR PURNAMA - Personal Name
SubjectREMOTE SENSING TECHNOLOGY
FLOODS - SOCIAL SERVICES
GEOGRAPHY INFORMATION SYSTEMS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Elektro Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Banjir merupakan bencana alam yang besar, cuaca ekstrim yang sering terjadi di seluruh dunia menyebabkan frekuensi banjir terus meningkat. Kerusakan akibat bencana banjir semakin meluas sehingga menjadi masalah global untuk bisa mengurangi korban jiwa dan kerugian secara ekonomi. Pemetaan daerah rawan banjir merupakan salah satu solusi dalam mitigasi bencana banjir. Penelitian-penelitian sebelumnya pemetaan daerah rawan banjir dilakukan secara konvensional sehingga membutuhkan waktu yang lama karena menjalankan setiap tahapan secara berurutan pada proses spasial analisis data curah hujan dan data spasial pendukung. Selain itu, data yang digunakan yaitu data dengan periode waktu tertentu sehingga tidak dapat diperbaharui secara real time dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan membuat tool pada ArcGIS untuk pemetaan daerah rawan banjir secara otomatis dan mengevaluasi kinerja metode otomatisasi tersebut. Pemetaan daerah rawan banjir secara otomatis dilakukan dengan merangkai setiap tahapan pemetaan daerah rawan banjir secara konvensional menjadi sebuah tool yang bisa menjalankan setiap tahapan hanya dalam sekali proses. Dengan metode otomatisasi pemetaan daerah rawan banjir maka diperoleh peningkatan kinerja yang lebih baik dibandingkan pembuatan peta daerah rawan banjir secara konvensional. Pemetaan daerah rawan banjir secara otomatis membutuhkan waktu rata-rata 2 menit 32 detik. Metode otomatisasi juga telah diuji menggunakan metode System Usability Scale (SUS) dimana hasil yang didapatkan dengan nilai rata-rata 81,66 yang termasuk ke dalam kategori B (Excellent). Kata kunci : GIS, model builder, banjir, pemetaan, otomatisasi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

WEBGIS DAERAH RAWAN BANJIR DI WILAYAH KABUPATEN ACEH TAMIANG MENGGUNAKAN GOOGLE MAPS API (Nisa Adilla Rahmatika, 2016)

PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERILAKU KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS PENGGUNA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PERBANKAN DI KOTA BANDA ACEH (chandra kurniawan, 2013)

PENGARUH PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI, KUALITAS PELAYANAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, DAN PENGETAHUAN STAFF AKUNTANSI TERHADAP EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (STUDI PADA SATUAN KERJA PERANGKAT KOTA BANDA ACEH) (Mazarini, 2016)

ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DALAM MENUNJANG INFORMASI DAN KOMUNIKASI KREDIT PADA BTPN CABANG BANDA ACEH (Ida Hunafa, 2014)

AUTO GEOPROCESSING PEMETAAN DAERAH RAWAN BANJIR BERBASIS GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM (NIZAR PURNAMA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy