MANAJEMEN SEKOLAH DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 1 ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

MANAJEMEN SEKOLAH DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 EDISI REVISI PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 1 ACEH BESAR


Pengarang

AULIA RAHAYU - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306101030069

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Aulia Rahayu. 2018. Manajemen Sekolah Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Edisi Revisi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di MAN 1 Aceh Besar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing.
(1) Dra. Musfiana, MM. (2) Nana Suraiya, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci : Manajamen sekolah, penerapan, kurikulum, ekonomi
Penelitian ini berjudul “Manajemen Sekolah dalam Penerapan Kurikulum 2013 Edisi Revisi di MAN 1 Aceh Besar pada Mata Pelajaran Ekonomi”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah manajemen sekolah dalam penerapan kurikulum 2013 edisi revisi di MAN 1 Aceh besar pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum untuk perencanaan, proses pelaksanaan dan penilaian pembelajaran dalam penerapan kurikulum 2013 edisi revisi pada mata pelajaran ekonomi di MAN 1 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah guru ekonomi dan objek pada penelitian ini adalah bagian manajemen sekolah yaitu manajemen kurikulum dan program pengajaran. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara langsung terhadap responden yaitu dua orang guru ekonomi. Teknik analisis data yang dignakan yaitu; reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah melaksanakan manajemen sekolah bagian kurikulum dan program pengajaran yaitu perencanaan yang mencakup; Kalender pendidikan, silabus, prota, prosem, minggu efektif, RPP sesuai dengan yang telah ditetapkan. Selanjutnya untuk pelaksanaan pembelajaran yang mencakup; membuka, menjelaskan isi/tujuan materi dan menutup pembelajaran guru sudah melaksanakan sesuai dengan yang telah ditetapkan dan untuk penilain yang mencakup; rubrik penilaian, skor penilaian, penilain pengetahuan , sikap, keterampilan guru juga telah melaksanakan sesuai dengan yang telah ditetapkan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK