KESESUAIAN FORMAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (REVISI) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA KABUPATEN BENER MERIAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KESESUAIAN FORMAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERDASARKAN KURIKULUM 2013 (REVISI) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA KABUPATEN BENER MERIAH


Pengarang

Sinta Shapriana Dewi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406101030020

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Shapriana Dewi, Sinta. 2018. Kesesuaian Format Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013 (Revisi) Pada Mata Pelajaran
Ekonomi Di SMA Kabupaten Bener Meriah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi,
Fakultar Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1) Dra. Ruaida, M.Si (2) Nana Suraiya, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Kesesuaian Format RPP, Kurikulum 2013 (revisi)
Penulis menganalisis dokumen mengenai Format Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) Ekonomi Kurikulum 2013 (Revisi) milik guru mata pelajara n
ekonomi di SMA Kabupaten Bener Meriah. Kajian ini dilatarbelakangi oleh
kekeliruan guru di dalam penyusunan format RPP sesuai dengan kurikulum 2013
revisi. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana
kesesuaian format RPP berdasarkan kurikulum 2013 revisi pada mata pelajaran
ekonomi di SMA kabupaten Bener Meriah, (2) Apa saja kendala guru dalam
penyusunan RPP sesuai dengan format kurikulum 2013 revisi pada mata pelajaran
ekonomi di SMA kabupaten Bener Meriah, (3) Bagaimana Tanggapan guru
terhadap format RPP berdasarkan kurikulum 2013 revisi pada mata pelajaran
ekonomi di SMA kabupaten Bener Meriah, (4) apakah upaya yang dilakukan guru
untuk mengatasi kendala dalam penyusunan RPP sesuai dengan format kurikulum
2013 revisi pada mata pelajaran ekonomi di SMA kabupaten Bener Meriah.
Permasalahan tersebut diteliti melalui studi lapangan yang dilaksanakan pada tiga
SMA di kabupaten Bener Meriah, yaitu: SMAN 2 Timang Gajah, SMAN 1 Bukit ,
dan SMAN Pintu Rime Gayo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan
jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui beberapa teknik pengumpulan
data, diantaranya melalui observasi dan wawancara/interview. kemudian teknik
analisis data menggunakan teknik pada penelitian kualitatif yang terdiri dar i reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini
yaitu (1) Rata-rata kesesuaian format RPP guru 73,49 dan format RPP guru yang
tidak sesuai rata-rata 26.51% (2) Tanggapan guru terhadap kurikulum yang
berubah-ubah membuat para guru tidak fokus baik dalam penyusunan perangkat
pembelajaran maupun penerapan kepada peserta didik (3) Kendala dalam
penyusunan RPP berdasarkan format kurikulum terbaru karena kurangnya
pemahaman dan keterbatasan waktu serta tidak dapat menga plikasikan
laptop/computer (4) Dengan adanya MGMP dan buku guru yang sudah sesuai
dengan kurikulum 2013 revisi sangat membantu para guru dalam mengatasi
permasalahan yang ada.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK