//

PERAN WIRAUSAHA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (STUDI KASUS USAHA PENJAHIT PEREMPUAN DI MUKIM LHOKNGA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL LATIFAH - Personal Name
SubjectWOMEN
HOME ECONOMICS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurul Latifah. 2018. Peran Wirausaha Dalam Meningkatkan Kesejateraan Keluarga (Studi Kasus Usaha Penjahit Perempuan di Mukim Lhoknga). Skripsi, Program Studi Vokasional Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Rosmala Dewi, M. Pd., (2) Dra. Fitriana, M. Si Kata Kunci : Peran Wirausaha, Kesejahteraan Keluarga, Penjahit Perempuan Dinamika perkembangan wirausaha dalam suatu negara tidak lepas dari partisipasi dan peran perempuan. Bahwasannya bukan hanya suami yang berperan mencari nafkah, istri pun punya peran untuk membantu perekonomian keluarga, itu lah yang dilakukan para perempuan di Mukim Lhoknga. Membuka usaha bukan hanya perekonomian keluarga saja yang stabil, namun dengan penghasilan yang didapat dari hasil usaha menjahit, para istri yang bekerja sebagai penjahit sudah mampu membeli sebagian peralatan rumah tangga maupun perabotan rumah dari hasil menjahit. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana kondisi sosial ekonomi keluarga dan motivasi perempuan wirausaha dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Mukim Lhoknga. Tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi ekonomi keluarga perempuan wirausaha yang ada di Mukim Lhoknga dan motivasi perempuan wirausaha dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Mukim Lhoknga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan cara pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan sampel ditentukan oleh penelitian karena adanya pertimbangan tertentu, sebagai contoh untuk mengetahui peran wirausaha perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan kondisi ekonomi perempuan yang membuka usaha menjahit di Mukim Lhoknga termasuk dalam kondisi yang berkecukupan sehingga dapat memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Motivasi penjahit adalah ingin membahagiakan keluarga dengan cara mencukupi segala sesuatu yang diperlukan setiap harinya, membantu keuangan keluarga dengan menabung serta ingin membiayai pendidikan anak sampai perguruan tinggi.  

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN PEREMPUAN PEDESAAN DALAM MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA DI KABUPATEN ACEH BESAR (Cut Farianah Oktari, 2020)

EKSISTENSI IMUEM MUKIM DALAM MENYELESAIKAN MASALAH LIMBAH KRUENG BALEE (STUDI KASUS PENCEMARAN LIMBAH PABRIK SEMEN PT. LAFARGE CEMENT INDONESIA) (Maulizar Mch, 2020)

PROFIL PENJAHIT WANITA DI GAMPONG MON ALUE KECAMATAN INDRAPURI ACEH BESAR (Nia Amalia, 2018)

PERAN PENJAHIT MODISTE DALAM MENGANALISIS KESESUAIAN BUSANA DENGAN BENTUK TUBUH PELANGGAN (ASNA IKHWANI, 2021)

FAKTOR-FAKTOR SOSIAL EKONOMI YANG MEMPENGARUHI PEREMPUAN BEKERJA DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS PADA USAHA MENJAHIT DI KECAMATAN SYIAH KUALA) (Chahayu Astina, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy