IMMOBILISI SULFIDA ANORGANIK PADA CANGKANG TELUR AYAM YANG TERLAPISI KITOSAN SEBAGAI ADSORBEN ION MERKURI(II) TERLARUT | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IMMOBILISI SULFIDA ANORGANIK PADA CANGKANG TELUR AYAM YANG TERLAPISI KITOSAN SEBAGAI ADSORBEN ION MERKURI(II) TERLARUT


Pengarang

MELSI AGUSTIA ZULASMA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406103040033

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Abstrak.
Adsorbsi merupakan suatu proses pemisahan komponen tertentu dari fase fluida yang diserap oleh permukaan zat padat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pembuatan adsorben logam merkuri(II) (Hg2+) dari cangkang telur ayam yang terlapisi kitosan dan diimmobilisasikan dengan sulfida anorganik. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pendidikan Kimia Unsyiah dan laboratorium Penelitian Terpadu Unsyiah. Cangkang telur ayam dicuci bersih dengan akuades dan dilepaskan selaput tipis yang ada di dalamnya. Lalu dikeringkan di bawah sinar matahari dan dihaluskan. Ukuran cangkang telur ayam yang digunakan adalah ? 10 mesh. Cangkang telur ayam tersebut dioven selama 30 menit pada suhu 105oC dan disimpan di dalam desikator. Immobilisasi kitosan pada cangkang telur ayam dilakukan dengan cara direndam 10 gram cangkang telur ayam dalam larutan kitosan 1,5% dan dianginkan-anginkan hingga kering, maka diperoleh cangkang telur ayam-Chi.Cangkang telur ayam diimmobilisasi dengan kitosan dan sulfida, dilakukan dengan cara 62,5 gram cangkang telur ayam direndam dalam 10 mL larutan Na2S 2 M yang telah dicampur dengan larutan kitosan dengan perbandingan 1:2,5 menghasilkan cangkang telur ayam-Chi-Na2S. Ketiga jenis adsorben ini digunakan untuk mengukur daya serap terhadap ion merkuri(II) dengan metode batch dan metode kolom yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan SSA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cangkang telur ayam-Chi-Na2S dapat digunakan untuk mengadsorbsi ion merkuri(II) terlarut. Persentase adsorbsi yang terbesar yaitu pada waktu kontak 4 jam sebesar 73,93% dengan kapasitas penyerapan 0,0355 mg/g.

Kata Kunci : Adsorbsi, SSA, Kitosan, Cangkang telur ayam

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK