//

PENGGUNAAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI OLEH GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 1 SIMPANG KANAN KABUPATEN ACEH SINGKIL

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mutiah Hanum Ahmad - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL TECHNOLOGY
TEACHING EQUIPMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Penggunaan Media Teknologi Informasi, Dan Proses Pembelajaran PPKn Penelitian ini berjudul : “Penggunaan Media Teknologi Informasi Oleh Guru Dalam Proses Pembelajaran PPKn Di SMP Negeri 1 Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil”. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penggunaan Media Teknologi Informasi oleh guru dalam proses pembelajaran PPKn, (2) Media Teknologi Informasi apa saja yang digunakan dalam proses pembelajaran PPKn, (3) kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan Media Teknologi Informasi dalam proses pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui bagaimana penggunaan media teknologi informasi oleh guru dalam proses pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil, (2) untuk mengetahui media teknologi apa saja yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil, (3) kendala-kendala apa saja yang dihadapi guru dalam penggunaan media teknologi informasi oleh guru dalam proses pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan Jenis Penelitian Deskriptif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah dua (2) orang guru PPKn di SMP Negeri 1 Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sudah bisa menggunakan media teknologi informasi (komputer/ laptop + infokus) dalam proses belajar mengajar. Dengan menggunakan media teknolog informasi (komputer/ laptop + infokus), proses pembelajaran PPKn lebih aktif sehingga meningkatkan prestasi belajar siswa. Sementara kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan media teknologi informasi (komputer/ laptop + infokus) ini dalam proses pembelajaran PPKn berlangsung ialah ketika listrik padam, maka guru akan mengarahkan siswa/ I untuk diam dan mengajak mereka ke pustaka. Saran dalam penelitian ini adalah: (1) penulis berharap kepada semua guru agar belajar dan belajar dalam menggunakan Media Teknologi Informasi (Komputer / Laptop), karena Media Teknologi Informasi pada saat searang ini merupakan kebutuhan yang harus ada dalam kegiatan sehari-hari, (2) hendaknya instansi yang terkait member pelatihan kepada semua guru pada bidang ilmu Media Teknologi Informasi, agar semua guru mantap dalam mengajar, dan maksud dari materi yang diajarkan mampu disampaikan dengan baik kepada siswa, (3) diharapkan kepada semua instansi agar menyediakan dan memenuhi kebutuhan setiap sekolah dalam hal sarana dan prasarana sekolah agar pembelajaran lebih aktif dan efektif .

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KINERJA GURU PPKN BERSERTIFIKAT PENDIDIK PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (RAHMI HAYATUN, 2019)

HUBUNGAN ANTARA SELF EFFICACY GURU DENGAN KEMAMPUAN MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN PPKN DI BANDA ACEH (ELIZA YANTI, 2021)

PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN SEKOLAH OLEH GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SMP NEGERI 1 SEUNUDON KABUPATEN ACEH UTARA (Asmahani, 2013)

UPAYA GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI ACEH BESAR (Harri Kurniawan, 2019)

PERKEMBANGAN PESANTREN BABUSSALAM BATU KORONG KECAMATAN SIMPANG KANANKABUPATEN ACEH SINGKIL, 1986-2014 (Amirul, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy