//

PERANCANGAN INFRASTRUCTURE AS A SERVICE (IAAS) UNTUK PENINGKATAN KINERJA DATA CENTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fathul Fadhil - Personal Name
SubjectCOMPUTER SCIENCE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Komputasi awan merupakan teknologi yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.Teknologi ini memungkinkan untuk memisahkan sebuah perangkat komputasi menjadi beberapa perangkat secara virtual, yang masing-masing dapat digunakan dan diatur melakukan tugas komputasi yang dapat dilakukan dimana saja.Teknologi ini menerapkan sistem memaksimalkan kinerja data center dengan menggunakan sumber daya sehemat mungkin.Saat sekarang ini Universitas Syiah Kuala menggunakan data center dengan menerapkan sistem single server yang digunakan untuk menjalankan tugas tertentu.Untuk Meningkatkan kinerja Data center unsyiah perlu diterapkan sistem komputasi awan dalam menggunakan sumber daya yang tersedia seperti networks, servers ,storage , applications dan services.Tujuan dari penelitian ini adalah merancang data center unsyiah menggunakan Cloudsim dan kemudian melakukan pengujian terhadap tugas (cloudlet) yang dikerjakan dengan menggunakan beberapa paramater yang berbeda serta waktu yang dibutuhkan dalam memproses tugas tersebut menggunakan rancangan data center yang dibuat. Rancangan data center yang dibuat menggunakan 7 dari 12 server yang tersedia. Pada setiap server dirancang hingga dapat memuat 16 VM, sehingga jumlah maksimum VM yang tersedia adalah 112 VM. Pada rancangan VM (Virtual Machine), aturan yang digunakan adalah Time-shared pada VM dan cloudlet . penggunaan aturan ini didasarkan pada pengujian dengan membandingkan waktu eksekusi 4 jenis aturan menggunakan rancangan ini. Algoritma penjadwalan yang digunakan adalah SJF (shortest job first). Pada pengujian rancangan ini, digunakan 3 jenis cloudlet yang berbeda yaitu 300 cloudlet, 500 cloudlet dan 1000 cloudlet. Hasil analisa untuk 300 cloudlet dengan jumlah waktu eksekusi tercepat adalah menggunakan 28 VM dengan waktu 110,65 detik. Hasil analisa untuk 500 cloudlet dengan waktu eksekusi tercepat adalah menggunakan 28 VM dengan waktu 181,42 detik. Hasil analisa untuk 1000 cloudlet dengan waktu eksekusi tercepat adalah menggunakan 28 VM dengan waktu 364,94 detik. Kata kunci : Komputasi Awan, IAAS, Cloudlet, Server Unsyiah, Data Center Virtual Machine, Time-shared, Space-shared.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN INFRASTRUCTURE AS A SERVICE (IAAS) UNTUK PENINGKATAN KINERJA DATA CENTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Fathul Fadhil, 2018)

BIREUEN SPORTS CENTER (Fitri Muliani, 2017)

TANGGAPAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI TERHADAP KOMPETENSI KOMUNIKASI DOSEN DALAM PROSES PERKULIAHAN DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Al Muhajjir, 2016)

ACEH UTARA SHOPPING CENTER (Syarif Wahyu Shafarza, 2015)

PENGARUH PELAYANAN DAN FASILITAS AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN SERTA DAMPAKNYA PADA KEPERCAYAAN MAHASISWA (STUDI KASUS PADA FMIPA UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (SYAFRIZAL, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy