//

PERANAN PUSTAKAWAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA KELAS IV SD NEGERI 56 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurfadhillah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nurfadhillah. 2017. Peranan Pustakawan Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas IV di SD Negeri 56 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. M. Yamin, M. Ed., (2) Drs. Bukhari, M.Pd Kata Kunci: Peranan pustakawan sekolah, meningkatkan minat membaca Dalam konteks minat membaca siswa, salah satu peranan pustakawan sekolah adalah memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih giat dalam membaca. Penelitian ini berupaya mengungkapkan bagaimana peranan pustakawan sekolah dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas IV melalui perpustakaan SD Negeri 56 Banda Aceh. Secara khusus penelitian ini bertujuan mengetahui peranan pustakawan sekolah dalam meningkatkan minat membaca siswa kelas IV melalui perpustakaan sekolah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Teknik observasi dilakukan kepada siswa untuk melihat peranan pustakawan dalam meningkatkan minat membaca siswa di kelas IV yang berjumlah 30 orang siswa dan teknik wawancara dilakukan kepada siswa kelas IV dan 1 orang pustakawan sekolah yang dipilih secara purposive sampling. Selanjutnya seluruh data diolah dengan tahapan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan persentase. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa pustakawan telah melakukan upaya-upaya dalam meningkatkan minat membaca siswa sehingga minat membaca siswa kelas IV di perpustakaan SD Negeri 56 Banda Aceh dapat dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari keseluruhan hasil wawancara dan observasi yang menunjukkan 66% siswa yang berminat membaca buku di perpustakaan sekolah dan 34% siswa yang tidak berminat membaca buku di perpustakaan sekolah. Simpulan penelitian ini adalah peranan pustakawan sekolah dalam meningkatkan minat membaca siswa di SD Negeri 56 Banda Aceh sudah maksimal dengan melakukan upaya-upaya yang membuat siswa termotivasi untuk membaca buku. Disamping itu siswa kelas IV di SD Negeri 56 Banda Aceh termasuk kategori baik yaitu berminat membaca buku di perpustakaan sekolah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MINAT BACA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH (Cut Dara Nastianti, 2014)

HUBUNGAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BANDA ACEH (julianda saputra, 2013)

KONTRIBUSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI 5 BANDA ACEH (Guntari, 2017)

KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH (AIZA FITRIA, 2015)

TINGKAT KECEPATAN MEMBACA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Isra Salsabila, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy