//

UPAYA ORANG TUA DALAM MENGONTROL PERILAKU ANAK USIA DINI PADA SAAT MENONTON TELEVISI DI GAMPONG COT LHOK KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Darniati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Darniati, 2017 Upaya Orang Tua dalam Mengontrol Perilaku Anak Usia Dini pada saat Menonton Televisi di Gampong Cot Lhok Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar (1) Dra.Yuhasriati, M.Pd (2) Drs. M. Yusuf Harun, M.Pd Kata Kunci :Upaya Orang Tua, Perilaku Anak Usia Dini, Televisi. Televisi merupakan media yang keberadaanya sangat dekat dengan kehidupan kita terutama dalam sebuah keluarga dan selalu menghadirkan program program yang sangat bervariatif. Memang banyak manfaat yang diberikan televisi salah satunya untuk memperoleh informasi dari berbagai belahan dunia bahkan seluruh dunia.Namun sayangnya tidak semua program acara tersebut memberikan dampak positif terhadap anak terutama anak usia dini. Anak usia dini merupakan anak yang memiliki rentangan waktu sejak lahir hingga usia 6 tahun dan berada dalam masa labil, rentan menerima rangsangan-rangsangan dari lingkungannya. Banyaknya program acara yang bermuatkan unsur kekerasan, seks, bully dan lain sebagainya yang tidak layak untuk ditonton oleh anak-anak. Hanya sedikit sekali tayangan televisi yang mengandung unsur edukasi dan memberikan pesan moral yang baik terhadap anak usia din .Dalam hal ini upaya orang tua sangat dibutuh kan untuk menghindari dampak negatif tersebut. Terutama dalam hal mengawasi, mengontrol dan memilih tayangan televisi yang layak untuk anak. Adapun masalah dalam penelitian ini Bagaimana upaya orang tua dalam mengontrol perilaku anak usia dini pada saat menonton televisi? Tujuan dilakukan penelitian ini adalah Untuk mengetahui upaya yang orang tua lakukan dalam mengontrol perilaku anak usia dini saat menonton tayangan televisi di Gampong Cot Lhok Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar.Subjek yang di ambil dalam penelitian ini sebanyak 5 kepala keluarga di Gampong Cot Lhok, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknikobservasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua di Gampong Cot Lhok Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar.Terdapat dua orang tua yang berupaya dalam mengontrol perilaku anak usia dini pada saat menonton tayangan televisi dengan cara mengwasi, memberi arahan dan naseha tkepadaanaknya. Sedangkan tiga orang tua yang lain hanya mengupayakan menonton bersama tanpa mengwasi secara konsisten. Namun kelima subjek orang tua tetap mengupayakan dan mendampingi anaknya pada saat menonton televisi, member penjelasan terhadap tayangan televisi dan membatasi waktu pada saat menonton televisi .

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN MENONTON TELEVISI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN) DI DESA PEULANGGAHAN KECAMATAN KUTARAJA BANDA ACEH TAHUN 2013 (Rahmawati, 2014)

BENTUK KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MENGAWASI ANAK MENONTON TELEVISI (STUDI TERHADAP MASYARAKAT GAMPONG RUKOH, KECAMATAN SYIAH KUALA, BANDA ACEH) (ikhlasillah, 2014)

PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK YANG MENONTON FILM ANIMASI DI TK IDAMAN HATI KECAMATAN SAWANG ACEH UTARA (Rinayanti, 2016)

PERAN ORANGTUA DALAM MENDAMPINGI ANAK MENONTON TELEVISI DI KOTA BANDA ACEH (KAMELIA, 2018)

PREFERENSI ORANG TUA TERHADAP TAYANGAN EDUKATIF DI TELEVISI DALAM PENDAMPINGAN ANAK MENONTON TELEVISI (STUDI TERHADAP ORANG TUA DI GAMPONG LAMTEUNGOH KECAMATAN INGIN JAYA ACEH BESAR) (Khairina, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy