//

LAYANAN PEMINATAN DAN PERENCANAAN INDIVIDUAL OLEH GURU BIMBINGAN DAN KONSELING SMA NEGERI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jumara Weni - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jumara Weni. 2018 Layanan Peminatan Dan Perencanaan Individual Oleh Guru Bimbingan Dan Konseling SMA Negeri Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Pembimbing (I) Dra. Dahliana Abd, M.Pd.Kons (II) Drs. M. Husen, M.Pd Kata Kunci: layanan peminatan dan perencanaan individual Layanan peminatan dan perencanaan individual merupakan proses pemberian bantuan kepada semua peserta didik dalam membuat dan mengimplementasikan rencana pribadi, social, belajar dan karir siswa. Dalam pelaksanaan layanan peminatan dan perencanaan individual terdapat langkah yang sistematik yaitu pengumppulan data, pemberian informasi peminatan, pemiliha n dan penetapan minat, penyesuaian serta monitoring dan tindak lanjut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode diskriptif. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan layanan peminatan dan perencanaan individual oleh guru bimbingan dan konseling. Peneleian ini dilakukan pada SMA Negeri Kota Banda Aceh yang terdiri dari SMA 4, SMA 7 dan SMA 12 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data melalui wawancara guru Bk dan analisis data adalah Reduksi data,penyajian data, kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pelaksanaan layanan peminatan dan perencanaan individual bagi siswa baru yang akan memilih jurusan sesuai dengan minatnya masing-masing. Hasil analisis deskriptif data menunjukkan bahwa penyusunan program dilaksanakan dalam dua tahap, tahap perencanaan dan tahap persiapan. Didalam pelaksanaan program tersebut melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, waka kurikulum, wali kelas, guru mata pelajaran serta guru BK. Di dalam penyusunan program terdapat beberapa layanan, diantaranya ialah layanan peminatan dan perencanaan individual yang memiliki la ngkah pelaksanaan peminatan berupa pengumpulan data, pemberian informasi peminatan, pemilihan dan penetapan peminatan, penyesuaian serta mentoring dan tindak lanjut.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENGELOLAAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 17 KOTA BANDA ACEH (Khairiah, 2016)

PELAKSANAAN LAYANAN PEMINATAN OLEH GURU BIMBINGAN KONSELING DI SMA DALAM KURIKULUM 2013 (Muarrief Rahmat, 2015)

PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING OLEH GURU BIMBINGAN KONSELING PADA SMA NEGERI DI KABUPATEN PIDIE (CUT FARADILLA, 2019)

TANGGAPAN DAN HARAPAN SISWA TERHADAP LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (NINA KAUSARINA, 2021)

PENERAPAN POP BK DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI KABUPATEN ACEH TENGAH (HIKMAH, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy