//

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP DAMPAK PENAMBANGAN BATU AKIK (STUDI DI KECAMATAN PANGA KABUPATEN ACEH JAYA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jamaril - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: persepsi masyarakat, dampak penambangan, batu akik Penelitian yang berjudul “Persepsi Masyarakat Terhadap Dampak Penambangan Batu Akik (Studi di Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya)” ini membahas tentang persepsi masyarakat Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya terhadap dampak penambangan batu akik terhadap lingkungan serta dampak penambangan batu akik terhadap perekonomian dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui persepsi masyarakat Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya terhadap dampak penambangan batu akik, dan (2) untuk mengetahui dampak terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya pasca penemuan penambangan batu akik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan adalah di Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya. Subjek penelitian adalah masyarakat sebanyak 10 orang yang dipilih secara purposive. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian adalah: (1) Persepsi masyarakat Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya terhadap dampak penambangan batu akik khususnya terhadap lingkungan adalah tidak berdampak negatif terhadap lingkungan seperti merusak dan mengganggu keseimbangan lingkungan, karena lubang yang digali tidak terlalu dalam dan dapat tertimbun lagi saat hujan turun. (2) Dampak terhadap perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Panga Kabupaten Aceh Jaya pasca penemuan penambangan batu akik adalah sangat berdampak positif. Pendapatan masyarakat mengalami peningkatan yang sangat signifikan sebelum dan setelah ditemukannya penambangan batu akik tersebut serta daya beli atau konsumsi masyarakat mengalami peningkatan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEBERADAAN OBJEK WISATA CELOSIA GARDEN DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT ALUE PIET KECAMATAN PANGA KABUPATEN ACEH JAYA (RISKI SUWARJA, 2021)

FENOMENA BATU AKIK DAN PERILAKU SOSIAL MASYARAKATAN ACEH JAYA (STUDI PADA MASYARAKAT GAMPONG ALUE PIET, KECAMATAN PANGA) (Cut Yusi Mentari, 2016)

STRATEGI PEDAGANG BATU AKIK DALAM MENARIK MINAT PEMBELI DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KOMUNIKASI PEMASARAN MARKETING MIX) (Syakban, 2019)

PERSEPSI MASYARAKAT TEUPAH BARAT TERHADAP TOKOH CERITA SI BAKUDO BATU DI KECAMATAN TEUPAH BARAT KABUPATEN SIEMEULUE (Rinda, 2016)

ANALISIS RISIKO PRODUKSI NILAM (POGOSTEMON CABLIN BENTH) DI KECAMATAN PANGA KABUPATEN ACEH JAYA (HUSNUL KHATIMAH, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy