ANALISIS PENDAPATAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI KARET DI DESA GUNONG PULO KECAMATAN ARONGAN LAMBALEK KABUPATEN ACEH BARAT | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS PENDAPATAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI KARET DI DESA GUNONG PULO KECAMATAN ARONGAN LAMBALEK KABUPATEN ACEH BARAT


Pengarang

Fidazuwawi Timora - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0705102020080

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

338.13

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Desa Gunong Pulo merupakan salah satuu desa di kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat. Masayarakat yang ada di desa terbut merupakan salah satu penyadap karet yang lahan penyadapannya merupakan lahan milik sendiri da nada pula lahan milik orang lain dengan sistim bagi hasil.
Penelitian ini dilakukan di Desa Gunong Pulo Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat pada petani karet. Objek penelitian ini dilakukan pada masyarakat petani karet yang ada di Desa Gunong Pulo. Ruang lingkup penelitian ini terbatas pada pendapatan usahatani karet.
Hasil penelitian ini menunjukkan besarnya pendapatan rata-rata yang diperoleh oleh petani karet milik pribadi sebesar Rp 2.608.324 perbulan, sedangkan pendapatan yang diperoleh oleh petani bagi hasil sebesar Rp 1.561.738 per bulan dan Jumlah produksi (kualitas 1 dan kualitas 2), harga jual, biaya produksi dan jumlah pohon per hektar berpengaruh positif terhadap pendapatan petani karet di Desa Gunong Pulo Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat. Hal ini ditunjukkan oleh persamaan regresi linier berganda Y= 5,81+ 9005,50X1 + 8092,98X2 + 6804,59X3 – 1,99X4 + 427,40X5. Hubungan antara jumlah produksi, harga jual, biaya produksi dan jumlah pohon dengan pendapatan petani karet di Desa Gunong Pulo tergolong sangat erat, ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,980.Hasil statistic menunjukkan nilai F hitung > F table, dengan demikian dapat diartikan, secara simultan dan parsial jumlah produksi, harga jual, biaya produksi dan jumlah pohon berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani karet di Desa Gunong Pulo Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pendapatan rata-rata yang diperoleh oleh petani karet milik pribadi sebesar Rp 2.608.324 perbulan, sedangkan pendapatan yang diperoleh oleh petani bagi hasil sebesar Rp 1.561.738 per bulan dan Jumlah produksi (kualitas 1 dan kualitas 2), harga jual, biaya produksi dan jumlah pohon per hektar berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani karet di Desa Gunong Pulo Kecamatan Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat.
Kata Kunci: Usahatani Karet, Pendapatan, Produksi, Harga, Biaya, dan Jumlah Pohon

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK