//

DAMPAK KUNJUNGAN WISATAWAN TERHADAP MASYARAKAT LAMPULO BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang WIDYA MAULINA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Maulina Widya, 2018. Dampak Kunjungan Wisatawan Terhadap Masyarakat Lampulo Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra Sakdiyah, M.Si (2) Alfi Syahril FJ, S.Pd, M.Si Kata Kunci : Dampak Wisatawan, Masyarakat Penelitian ini berjudul “Dampak Kunjungan Wisatawan Terhadap Masyarakat Lampulo Banda Aceh”. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah dampak terhadap pendapatan dan budaya dari kunjungan wisatawan terhadap masyarakat Gampong Lampulo Banda Aceh Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak terhadap pendapatan masyarakat Gampong Lampulo yang mempunyai usaha di Objek Wisata Kapal di Atas Rumah, dan dampak terhadap budaya pariwisata yang meliputi berkembang atau hilangnya kebudayaan lokal, perlindungan atau perusakan cagar budaya, perlindungan atau perusakan kontur alam, perlindungan atau perusakan monumen bernilai sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara langsung terhadap responden yang memiliki usaha di Objek Wisata Kapal di Atas Rumah serta berdomisili di Gampong Lampulo. Hasil penelitian menunjukkan kunjungan wisatawan di Objek Wisata Kapal di Atas Rumah berdampak terhadap peningkatan pendapatan masyarakat yang berkisar antara Rp 50.000 sampai Rp 2.000.000 perhari dan memperoleh penghasilan Rp 1.500.000 sampai Rp 4.000.000 perbulan. Serta berdampak positif terhadap budaya pariwisata Gampong Lampulo yang meliputi semakin ramahnya masyarakat lokal akan hadir para wisatawan, cagar budaya di Gampong Lampulo tetap terlindungi, kontur alam di Gampong Lampulo tetap terjaga walaupun ada penambahan infrastruktur di area objek wisata bahkan karena hadirnya wisatawan ke tempat tersebut akses jalan di ke Gampong Lampulo semakin bagus, serta monumen bernilai sejarah berupa kapal nelayan yang tersangkut di atas rumah akibat gelombang tsunami semakin terlindungi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PERIKLANAN, PAMERAN DAN EVENT TERHADAP PENINGKATAN KESADARAN WISATAWAN DAN DAMPAKNYA PADA MINAT BERKUNJUNG KE DESTINASI WISATA RELIGI DI ACEH (Nurlaila Hamjah, 2015)

DAMPAK KUNJUNGAN WISATAWAN TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT (GAMPONG IBOIH KECAMATAN SUKAKARYA KOTA SABANG) (Suw Hilda Febrysia, 2019)

ANALISIS PENILAIAN WISATAWAN BENCANA TERHADAP CITRA PARIWISATA ACEH (SURVEY PADA WISATAWAN MUSEUM TSUNAMI TAHUN 2017) (NUZURA, 2017)

PENGARUH PRODUK DAN BAURAN PROMOSI WISATA TERHADAP CITRA (IMAGE) DESTINASI DAN DAMPAKNYA PADA NIAT WISATAWAN UNTUK MELAKUKAN KUNJUNGAN ULANG KE PROVINSI ACEH (Fani Sartika, 2014)

STUDI PENENTUAN RUTE PERJALANAN WISATA KOTA BANDA ACEH (KHAIRUL, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy