PEMANFAATAN DANA DESA DALAM PENGEMBANGAN BUMG DI KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PEMANFAATAN DANA DESA DALAM PENGEMBANGAN BUMG DI KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN


Pengarang

Herlisma - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1406101030007

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Herlisma. 2018. Pemanfaatan Dana Desa Dalam Pengembangan BUMG di Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unversitas Syiah Kuala. Pembimbing :
(1) Dra. Ruaida, M.Si., (2) Dr. Nazaruddin, SE, M.Ed
Kata Kunci: Manfaat, dana Desa, pengembangan BUMG
BUMG adalah suatu program Pemerintah untuk meningkatkan pendapatan asli desa dan mensejahterakan masyarakat desa, penelitian ini berupaya mengungkapkan pemanfaatan dana desa dalam pengembangan BUMG di Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pemanfaatan dana desa dalam pengembangan BUMG di Gampong Sikulat Kecamatan Sawang; (2) mengetahui perkembangan jenis usaha BUMG di Gampong sikulat Kecamatan Sawang.(3) mengetahui keuntungan BUMG Gampong Sikulat; (4) mengetahui kendala yang dihadapi BUMG Gampong Sikulat Kecamatan sawang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Gampong Sikulat Kecamatan sawang kabupaten Aceh selatan, informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data/ penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan tentang pemanfaatan dana desa dalam pengembangan BUMG di Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Adanya peningkatan dana desa yang disalurkan ke BUMG dalam satu tahun bahkan untuk tahun 2018 ini dianjurkan dalam Perbub minimal 100 juta dana desa harus di salurkan ke BUMG. Dana desa yang disalurkan ke BUMG digunakan untuk menambah unit usaha baru dan mengembangkan usaha yang ada.
?

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK