//

PEMANFAATAN DANA DESA DALAM PENGEMBANGAN BUMG DI KECAMATAN SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Herlisma - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Herlisma. 2018. Pemanfaatan Dana Desa Dalam Pengembangan BUMG di Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Unversitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dra. Ruaida, M.Si., (2) Dr. Nazaruddin, SE, M.Ed Kata Kunci: Manfaat, dana Desa, pengembangan BUMG BUMG adalah suatu program Pemerintah untuk meningkatkan pendapatan asli desa dan mensejahterakan masyarakat desa, penelitian ini berupaya mengungkapkan pemanfaatan dana desa dalam pengembangan BUMG di Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pemanfaatan dana desa dalam pengembangan BUMG di Gampong Sikulat Kecamatan Sawang; (2) mengetahui perkembangan jenis usaha BUMG di Gampong sikulat Kecamatan Sawang.(3) mengetahui keuntungan BUMG Gampong Sikulat; (4) mengetahui kendala yang dihadapi BUMG Gampong Sikulat Kecamatan sawang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Gampong Sikulat Kecamatan sawang kabupaten Aceh selatan, informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, adapun teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data/ penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan tentang pemanfaatan dana desa dalam pengembangan BUMG di Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Selatan. Adanya peningkatan dana desa yang disalurkan ke BUMG dalam satu tahun bahkan untuk tahun 2018 ini dianjurkan dalam Perbub minimal 100 juta dana desa harus di salurkan ke BUMG. Dana desa yang disalurkan ke BUMG digunakan untuk menambah unit usaha baru dan mengembangkan usaha yang ada.  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BADAN USAHA MILIK GAMPONG (BUMG) DI DESA ALUE PEUSAJA KECAMATAN SUKA MAKMUE KABUPATEN NAGAN RAYA (Jufri, 2020)

PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN USAHA MILIK GAMPONG (BUMG) SEBAGAI IMPLEMENTASI TATA KELOLA YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE) (STUDI EKSPLORASI PADA BUMG DI KOTA BANDA ACEH DAN KABUPATEN ACEH BESAR) (MAZAYA KHALILA MUNA, 2018)

ANALISIS PENGELOLAAN DANA DESA DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BADAN USAHA MILIK GAMPONG DI GAMPONG CAPA PALOH KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE (NURUL FITRI, 2018)

PROSES PENYELESAIAN JARIMAH KHALWAT (MESUM) DI KECAMATAN SAWANG, ACEH SELATAN (WARDI SAPUTRA, 2021)

MANFAAT DANA BADAN USAHA MILIK GAMPONG (BUMG) BAGI KELOMPOK USAHA (SUATU KAJIAN PADA KELOMPOK USAHA BINA BERSAMA DI DESA LADANG TUHA 1 KECAMATAN LEMBAH SABIL KABUPATEN ACEH BARAT DAYA) (RAHMI SILVIA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy