PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE DAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT PADA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH


Pengarang

Irma Yanti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806101040099

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci : Take and Give, Script, Hasil Belajar IPS
Penelitian ini yang berjudul perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give dan model kooperatif Script pada pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 7 Banda Aceh. Pembelajaran kooperatif tipe Take and Give adalah model pembelajaran menerima dan memberi yang memiliki sintaks, menuntut siswa mampu memahami materi pelajaran yang diberikan guru dan teman sebayanya (siswa lain). Pembelajaran kooperatif Script adalah pembelajaran dimana siswa berkerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisar bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give dan kooperatif Script pada pelajaran IPS terpadu di SMP Negri 7 Banda Aceh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give dan kooperatif Script pada pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 7 Banda Aceh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Take and Give lebih baik dari model kooperatif Script pada hasil belajar siswa yang di ajarkan pada pelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 7 Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 7 kelas yang terdiri dari 211 orang siswa, dan sampel penelitian adalah 29 orang kelas VII4 dan 29 orang siswa kelas VII5. berdasarkan pertimbangan ini, terpilih dua kelas yang kemampuannya yang sama dan homogen yaitu kelas VII 4 dan kelas VII 5. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, yaitu pre-test dan post-test siswa pada materi proses alam endogen dan macam-macam bentuk muka bumi. Untuk mengolah data untuk uji homogenitas digunakan dengan metode Fisher, untuk uji nermalitas digunakan uji Chi-kuadrat, untuk uji t persamaan reta-rata uji satu pihak. Selanjutnya pembuktian hipotesis statistik didapat thitung < ttabel atau 0,29 < 2,00, sehingga H0 di terima dan Ha ditolak. Dengan demikian, hasil belajar siswa dengan menggunakan model Take and Give dan kooperatif Script sama dengan

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK