//

EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DOSEN DAN MAHASISWA DALAM PROSES BIMBINGAN SKRIPSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN AR-RANIRY

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DESI ISRA MULIANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Efektivitas Komunikasi Interpersonal Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Bimbingan Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Uin Ar-Raniry”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas UIN Ar-Raniry dalam proses bimbingan skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini ialah tujuh dosen dan tujuh mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas UIN Ar-Raniry yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Fundamental Interpersonal Relations Orientations (FIRO).Hasil penelitian dapat diketahui bahwa komunikasi interpersonal antara dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam dalam proses bimbingan skripsi belum berjalan secara efektif ditinjau dari indikator kesetaraan, empati, dukungan, rasa positif, dan hanya indikator keterbukaan yang terlihat efektif. Hal ini disebabkan oleh factor seperti kurangnya kedisiplinan mahasiswa dalam menjaga waktu bimbingan yang telah ditetapkan dosen dan susahnya mahasiswa menjumpai dosen pembimbing dikarenakan dosen bersangkutan memiliki jadwal mengajar serta aktivitas lainnya. Faktor lain yang menghambat penyelesaian skripsi mahasiswa Prodi Pendidikan Agama IslamUniversitas UIN Ar-Raniry ialah sulitnya mahasiswa dalam menentukan masalah dari judul yang ingin diangkat, mengkonsep isi skripsi, mengoreksi teknik penulisan, menentukan metode penelitian yang digunakan, serta kurangnya motivasi dan minat mahasiswa untuk mengerjakan skripsinya dan mencari referensi, sehingga berdampak terhadap waktu penyelesaian skripsi dan kualitas skripsinya. Kata Kunci:Efektivitas, Komunikasi Interpersonal, Dosen dan Mahasiswa, Skripsi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA KEPADA DOSEN (STUDI APREHENSIF KOMUNIKASI MAHASISWA SAAT BIMBINGAN SKRIPSI KEPADA DOSEN PEMBIMBING DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Dana Ismawan, 2018)

KINERJA DOSEN PADA SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL-HILAL SIGLI (Ridhwan, 2013)

PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KECEMASAN DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA PRODI BIMBINGAN KONSELING UNIVERSITAS SYIAH KUALA (SURYANI, 2014)

PERANCANGAN PUSAT KEGIATAN MAHASISWA UIN AR-RANIRY BANDA ACEH (Ayuni, 2016)

HAMBATAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR PADA MAHASISWA KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Muazir, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy