//

EFEKTIVITAS TES DI AKHIR PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH TAHUN RNPELAJARAN 2013/2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Syamsi - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
MATHEMATICS - TEACHING
CLASSROOM TESTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Tes Diakhir Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Tes diakhir pembelajaran adalah tes yang diberikan sebelum jam pelajaran berakhir, baik itu 15 menit ataupun 20 menit sebelum jam pelajaran berakhir. Tujuan dari pemberian tes diakhir pembelajaran adalah untuk dapat menguatkan ingatan siswa dalam mengingat materi dan dari pemberian tes diakhir pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh, sedangkan yang menjadi sampelnya adalah siswa kelas X IA1 (kelas kontrol) dan kelas X IA3 (kelas eksperimen) dan masing-masing kelas berjumlah 21 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari: (1) instrumen hasil belajar berupa tes diakhir pembelajaran yang diberikan pada kelas eksperimen dan tes akhir yang diberikan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) instrumen respon siswa berupa angket. Selama penelitian ini tes diakhir pembelajaran diberikan sebanyak 2 kali, itu dikarenakan pertemuan dalam materi Relasi dan Fungsi hanya 4 JP (2 x pertemuan). Data angket siswa dianalisis dengan menghitung presentase yang diperoleh masing-masing siswa. Data yang tercantum dalam penelitian ini diperoleh dari hasil jawaban siswa (pada tes akhir) terhadap soal yang diberikan (berbentuk essay) sebanyak 5 butir soal. Data yang diperoleh tersebut dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t. Dari analisis data diperoleh thitung = 2,72 dan ttabel = 1,68 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,72 > 168, artinya H0 di tolak, sehingga H1 diterima pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian tes diakhir pembelajaran dapat memberikan efek positif terhadap hasil belajar siswa atau dengan kata lain pemberian tes diakhir pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi lebih meningkat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Mika Rona Adilla, 2017)

EFEKTIVITAS STRATEGI QUICK ON THE DRAW PADA MATERI PELUANG DI KELAS X SMAN 12 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Desilia, 2014)

PENGARUH KEMAMPUAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2013-2014 (Devira Arianti, 2015)

AN ANALYSIS OF TEACHER’S USE OF ENGLISH IN TEACHING MATHEMATICS (A CASE STUDY AT TEUKU NYAK ARIF FATIH BILINGUAL SCHOOL BANDA ACEH) (Muthia Kumala Dewi, 2018)

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA KELAS X SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Heriyansyah Putra, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy