//

MODEL PEMBANGKITAN GELOMBANG MULTI ARAH TIPE ULAR BERDASARKAN TEORI GELOMBANG LINIER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muarif - Personal Name
SubjectMATHEMATICAL MODELS
WAVE THEORIES - MODERN PHYSICS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Matematika Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Penelitian tentang pembangkitan gelombang ekstrim merupakan salah satu penelitian yang sering dilakukan karena ketika gelombang ini terjadi dilautan dapat mengakibatkan kerusakan yang serius bagi kapal dan bangunan lepas pantai. Salah satu metode yang digunakan untuk membangkitkan gelombang adalah sel f correcting. Beberapa peneliti juga meneliti pembangkitan gelombang tak linier di kolam pengujian dengan menggunakan pendekatan numerik. Penelitian pembangkitan gelombang menjadi penting dalam hal keefektifan dan efisiensi pada pengujian kapal dan bangunan lepas pantai sebelum digunakan di lautan. Pengujian biasanya dilakukan di laboratorium hidrodinamik. Laboratorium hidrodinamik memiliki sebuah kolam pengujian. Kolam ini memiliki pembangkit gelombang pada satu sisi dan penyerap sebagai pantai di sisi lainnya untuk mencegah terjadinya gelombang pantulan. Secara umum, ada dua tipe pembangkit gelombang yang diimplementasikan pada laboratorium hidrodinamik, yaitu tipe flap dan tipe piston. Pembangkit gelombang tipe flap bergerak dengan berotasi disekitar titik poros di bawah permukaan air, sedangkan pembangkit gelombang tipe piston bergerak secara translasi. Tipe flap lebih sering digunakan untuk pengujian kapal di air dalam. Sedangkan tipe piston sering digunakan pada kolam air dangkal untuk mempelajari gelombang pantai, tsunami, dan lain-lain. Selain kedua jenis pembangkit gelombang tersebut, terdapat satu jenis pembangkit gelombang lagi yaitu tipe ular. Pembangkit gelombang ini memiliki banyak bagian. Bagian-bagian ini bisa bergerak seperti flap atau piston. Pada penelitian ini digunakan pembangkit gelombang tipe ular yang bergerak seperti flap. Pada penelitian ini akan dicari formulasi untuk pengontrolan pembangkit gelombang dengan menemukan solusi persamaan pengatur perambatan gelombang (persamaan Laplace). Dengan menerapkan analogi dan metodologi yang sama seperti penelitian sebelumnya, pada penelitian ini akan diteliti tentang pembangkitan gelombang multi arah dengan menggunakan pembangkit gelombang tipe ular. Kata kunci : pembangkit gelombang, pembangkitan gelombang multi arah, pembangkit gelombang tipe ular.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI MODEL FISIK PEMECAH GELOMBANG TENGGELAM TIPE LURUS BERPORI TERHADAP PERUBAHAN PROFIL PANTAI (AYU FITRI SARINDAH, 2014)

STUDI MODEL FISIK PEMECAH GELOMBANG TIDAK TENGGELAM TIPE LURUS BERPORI TERHADAP POLA DIFRAKSI GELOMBANG (Qurratul Aini BN, 2015)

STUDI MODEL FISIK GROIN BERPORI TIPE GERIGI YANG DISUSUN SERI (EKA HENDRA IRAWAN, 2015)

SOLUSI SOLITON PADA PERSAMAAN BENJAMIN-BONA-MAHONY (BBM) MENGGUNAKAN METODE FUNGSI SINUS-COSINUS (Dara Irsalina, 2017)

SIMULASI REFRAKSI GELOMBANG PANJANG 2 DIMENSI DI PERAIRAN BARAT ACEH (ZULFANDI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy