//

PENGARUH AKUMULASI MERKURI (HG) TERHADAP KADAR KLOROFIL TUMBUHAN CAKAR AYAM (SELAGINELLA DOEDERLEINII HIERON.) DALAM PENGEMBANGAN FITOREMEDIASI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Miratul Yani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Pengaruh Akumulasi Merkuri (Hg) terhadap Kadar Klorofil Tumbuhan Cakar Ayam (Selaginella doederleinii Hieron.) dalam Pengembangan Fitoremediasi” telah dilakukan pada bulan Januari 2015 s.d Juli 2015. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kadar akumulasi merkuri terhadap kadar klorofil tumbuhan cakar ayam (Selaginella doederleinii Hieron.) yang digunakan untuk mengembangkan praktik fitoremediasi dan bagaimana hubungan antara kadar akumulasi merkuri dengan kadar klorofil tumbuhan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental dengan pola rancangan acak lengkap (RAL), dengan 5 perlakuan konsentrasi merkuri, yaitu : P0 (0 ppm atau kontrol), P1 (konsentrasi 25 ppm), P2 (konsentrasi 50 ppm), P3 (konsentrasi 75 ppm) dan P4 (konsentrasi 100 ppm), masing-masing pelakuan diulang 3 kali. Parameter yang diamati adalah kadar akumulasi merkuri, kadar klorofil tumbuhan tersebut. Data dianalisis menggunakan rumusan Analisis Varian pada taraf kritis 0,05 dan rumusan koefisien korelasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh yang nyata pada perlakuan terhadap kadar akumulasi merkuri, ada pengaruh perlakuan merkuri terhadap kadar klorofil tumbuhan cakar ayam dan adanya hubungan yang erat antara kadar akumulasi merkuri dengan kadar klorofil tumbuhan cakar ayam. Kata kunci: Akumulasi merkuri, kadar klorofil, tumbuhan cakar ayam (Selaginella doederleinii Hieron.), fitoremediasi.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FITOREMEDIASI LOGAM KROM (CR) MENGGUNAKAN TUMBUHAN KIAMBANG (PISTIA STRATIOTES) (Isratul Izzah, 2016)

EFEKTIVITAS FITOREMEDIASI GENJER (LIMNOCHARIS FLAVA) DALAM LIMBAH CAIR AMONIA PT PUPUK ISKANDAR MUDA (Dian Arlianty, 2016)

DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP KUE CAKAR AYAM DARI KULIT SINGKONG (MANIHOT UTILISSIMA) (Nadiatul Ulwa, 2016)

ANALISIS KADAR KLOROFIL DAN KADAR TIMBAL (PB) TANAMAN TAMAN KOTA DI KOTA BANDA ACEH (DANI SAFITRI, 2018)

EFEKTIVITAS TIGA JENIS TANAMAN AIR SEBAGAI FITOREMEDIATOR PADA LIMBAH CAIR TAHU (ARVI AMALIA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy