//

PENDUGAAN PARAMETER GENETIK KETAHANAN TERHADAP HAMA KUTU PUTIH (PARACOCCUS MARGINATUS) DARI BEBERAPA GENOTIPE HASIL PERSILANGAN TANAMAN PEPAYA (CARICA PAPAYA L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FITRI WAHYUNI - Personal Name
SubjectPLANT DISEASES - AGRICULTURE
PLANT BREEDING
PAPAYAS - AGRICULTURE
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Agroekoteknologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Penelitian ini dilaksanakan di desa Cot Cut, Kecamatan Kuta Baro, Kabupaten Aceh Besar, pada September 2017 hingga Januari 2018. Penelitian ini dilakukan dalam dua paket penelitian, yaitu no choice test dan choice test. Analisis sidik ragam menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non Faktorial dengan genotipe sebagai faktor tunggal. Genotipe yang diuji berjumlah 11 genotipe, 7 Genotipe diantaranya merupakan hasil persilangan yang telah dilakukan sebelumnya dengan 4 tetua yaitu USK4, USK7, USK1 dan USK6. Adapun dari 11 genotipe masing-masing diulang sebanyak 3 kali dan setiap ulangan terdiri dari 5 tanaman, sehingga didapatkan 165 satuan percobaan/set percobaan. Apabila hasil pengamatan menunjukkan terdapat pengaruh yang nyata maka dilanjutkan dengan pengujian Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%. Pengamatan yang dilakukan meliputi peubah (tinggi tanaman, jumlah daun, panjang petiol, diameter pangkal batang luas daun dan berat kering), serta peubah ketahanan (intensitas serangan, jumlah ovisak). Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa genotipe dengan kategori tahan pada pengujian choice test yaitu genotipe USK7, USK1 dan USK1XUSK7. Sedangkan pada pengujian no choice test belum ditemukan adanya genotipe yang tahan terhadap P.marginatus; nilai heritabilitas dengan kategori tinggi pada pegujian no choice test dijumpai pada karakter tinggi tanaman, panjang petiol dan berat kering, sedangkan pada pengujian choice test nilai heritabilitas dengan kategori tinggi dijumpai pada karakter tinggi tanaman, panjang petiol, berat kering dan luas daun; terdapat korelasi yang signifikan pada beberapa karakter pertumbuhan tanaman dengan intensitas serangan dengan nilai yang paling tinggi pada pengujian no choice test yaitu karakter luas daun dengan intensitas serangan dengan nilai -0.73, dan karakter berat kering dengan intensitas serangan pada pengujian choice test dengan nilai -0.58. Kata Kunci: Pepaya, genotipe, ketahanan, hama kutu putih, parameter genetik

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KERAGAAN DAN PENDUGAAN PARAMETER GENETIK BEBERAPA GENOTIPE PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) HASIL PERSILANGAN (Muslem, 2017)

KARAKTERISASI MORFOLOGI DAN PENDUGAAN PARAMETER GENETIK BEBERAPA GENOTIPE PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) (rahmatillah, 2016)

PENDUGAAN PARAMETER GENETIK KETAHANAN TERHADAP HAMA KUTU PUTIH (PARACOCCUS MARGINATUS) DARI BEBERAPA GENOTIPE HASIL PERSILANGAN TANAMAN PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) (FITRI WAHYUNI, 2018)

KERAGAAN DAN PARAMETER GENETIK HASIL PERSILANGAN BEBERAPA GENOTIPE PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) (RAHAYU EKA SARI, 2018)

KERAGAAN DAN PARAMETER GENETIK HASIL PERSILANGAN BEBERAPA GENOTIPE PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) (RAHAYU EKA SARI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy