ANALISIS AKAD PEMBIAYAAN MURABAHAH PERUMAHAN (KPR) PADA PT BANK BRI SYARIAH KC BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS AKAD PEMBIAYAAN MURABAHAH PERUMAHAN (KPR) PADA PT BANK BRI SYARIAH KC BANDA ACEH


Pengarang

Al Ghiffari Yuranda - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1301103010022

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Akuntansi (S1) / PDDIKTI : 62201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesesuaian penanganan Murabahah pembiayaan masalah produk kredit rumah pada Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) di PT. Bank BRI Syariah KC Banda Aceh.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer, pengumpulan data yang digunakan oleh penulis adalah dengan metode wawancara terhadap Account Officer divisi pembiayaan murabahah PT Bank BRI Syariah KC Banda Aceh.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan transaksi pembiayaan murabahah sudah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No.04/DSN-MUI/IV/2000 dan PSAK 102. Hal ini dibuktikan dengan wawancara yang terstruktur dimana penulis mengambil kesimpulan tentang beberapa poin yang sangat riskan, seperti pada poin dimana barang yang akan diperjualbelikan sudah berada dipihak bank, serta akad gabungan antara murabahah dan akal wakalah dimana akad tersebut dinilai sah apabila barang secara prinsip berada dipihak bank serta perlakuan akuntansi yang sesuai dengan PSAK 102. PT Bank BRI Syariah KC Banda Aceh secara keseluruhan sudah menetapkan dan memberlakukan Fatwa DSN-MUI pada praktek pembiayaan yang dioperasikan oleh perbankan.

Kata Kunci: Fatwa DSN-MUI Tahun 2000, Murabahah, Pembiayaan, Kredit
Perumahan Rakyat.




Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK