//

PEMBUATAN VOIP SERVER MENGGUNAKAN ASTERISK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang UNA OCTARIANA FEBRUANTY - Personal Name

Abstrak/Catatan

Voice over Internet Protocol (VoIP) merupakan teknologi yang memanfaatkan Internet Protocol untuk menyediakan komunikasi voice secara real-time. Teknologi VoIP merupakan teknologi telekomunikasi masa kini, dimana biaya yang dikeluarkan untuk infrastruktur teknologi ini jauh lebih murah dibanding teknologi telekomunikasi yang umumnya digunakan masyarakat saat ini. Unsur pembentuk VoIP adalah User agent, Protocol dan Coder-Decoder (CODEC). Softswitch open source yang biasa digunakan dalam komunikasi VoIP ini adalah asterisk, yang berbasis session initiation protocol (SIP). Sistem operasi Ubuntu 16.04 sebagai server VoIP cukup fleksibel untuk mendukung kinerja paket asterisk. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun server VoIP berbasis asterisk, agar dapat dikembangkan pada penelitian selanjutnya sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini dilakukan pada instansi yang sudah dibangun jaringan intranet. Sehingga VoIP disini difungsikan sebagai pemaksimalan jaringan intranet yang sudah ada tersebut untuk menekan biaya pengeluaran kebutuhan komunikasi. Layanan yang disediakan pada penelitian ini berbentuk voice dengan layanan komputer ke komputer kemudian handphone ke komputer sampai dengan menghubungkan handphone ke handphone melalui jaringan wireless. Kata Kunci : Voice over Internet Protocol (VOIP), Asterisk, Session Initiaton Protocol (SIP).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN SESSION INITIATION PROTOCOL (SIP) UNTUK PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN IP MULTIMEDIA SUBSYSTEM DENGAN CODEC G.711, G.729A DAN G.723 (YUSWARDI, 2016)

AUTHENTIKASI RADIUS SERVER MENGGUNAKAN MIKROTIK (STUDI KASUS PADA PRODI D-III MANAJEMEN INFORMATIKA) (Muhammad Haikal Aulia, 2015)

PERBANDINGAN PERFORMANSI WEB SERVER NGINX, APACHE, LIGHTTPD PADA PLATFORMRNRASPBERRY PI (Said Fairuz Qiana, 2014)

PEMANFAATAN BIND9 DALAM PEMBUATAN DOMAIN PADA VIRTUAL HOST MENGGUNAKANLINUX (NASA SAFRINA, 2018)

PERBANDINGAN PERFORMANSI CLUSTER LOAD BALANCING PADA WEB SERVER VIRTUAL DENGAN WEB SERVER FISIK (Aufa Nur Istiqlal, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy