//

IMMOBILISASI KOLOID SULFUR PADA PELLET ABU SEKAM PADI YANG TERLAPISI KITOSAN DAN UJI REAKTIVITASNYA TERHADAP UAP MERKURI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizka Dewi - Personal Name
SubjectMERCURY (ELEMENT) - TOXICOLOGY
SULFUR - ORGANIC CHEMISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: koloid sulfur, polyvinyl asetat (PVAc), pellet, kitosan, uap merkuri Telah dilakukan penelitian tentang immobilisasi koloid sulfur pada pellet abu sekam padi yang terlapisi kitosan dan uji reaktivitasnya terhadap uap merkuri. Penelitian ini bertujuan untuk uji reaktivitas koloid sulfur yang diimmobilisasi pada pellet abu sekam padi yang terlapisi kitosan terhadap uap merkuri. Pembuatan pellet abu sekam padi, polyvinyl asetat (PVAc) dan air menggunakan perbandingan 7 : 2 : 1. Pellet dibuat dengan ukuran berdiameter 3 mm, tinggi 1 cm pada cetakan dengan panjang 7 cm, lebar 6 cm, dan diberi tekanan sebesar 100 Nm2. Uji ketahanan pellet dilakukan dengan pencelupan ke dalam CH3COOH 1,5% selama 48 jam. Berat pellet konstan yang didapat adalah 0,0342 gram/pellet. Pellet disalut dengan kitosan dan diimpregnasi dengan Na2S2O3 0,5 M, HCl 0,5 M dan Na2S 0,5 M secara merata pada permukaan pellet. Isolasi pellet dilakukan dalam kondensor yang dihubungkan sumber uap merkuri pada suhu konstan 700C dengan aliran 300-350 ml/detik. Penentuan kadar Hg yang terserap dilakukan dengan metode spektrofotometer serapan atom (SSA) pada variasi waktu 20 sampai dengan 60 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uap merkuri dapat diserap oleh koloid sulfur pada pellet abu sekam padi dengan konsentrasi hingga 1,5514 ppm dan berat rata-rata Hg adalah 8,431x10-3 ppm gram-1 menit-1. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa koloid sulfur pada pellet abu sekam padi memiliki reaktivitas terhadap uap merkuri.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI REAKTIVITAS KOLOID SULFUR PADA PELLET SERBUK GERGAJI YANG TERLAPISI KITOSAN TERHADAP UAP HG DAN REGENERASI HGS (NURUL AGUSTIA FADILLA, 2017)

UPAYA PEMBUATAN PELLET DARI BERBAGAI KOMPOSISISEBAGAI PENYANGGA KOLOID SULFUR (Maryam Jamilah, 2017)

STABILISASI ION MERKURI (II) MENGGUNAKAN SULFUR NANOPARTIKEL YANG DIIMMOBILISASI PADA PELLET KOMPOSIT BENTONIT YANG TERLAPISI KITOSAN (Quratul Ayun, 2018)

PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI PELET DARI KOMPOSIT BENTONIT-KITOSAN-SULFUR-NA2S (SARAHATUN NISAK, 2018)

OPTIMALISASI AKTIVITAS ANTIJAMUR SULFUR NANOPARTIKEL HASIL GREEN SYNTHESIS MENGGUNAKAN BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM) TERHADAP COLLECTROTICUM CAPSICI (Firna Aryati, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy