//

FAKTOR – FAKTOR KEUANGAN INTERNAL YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN QARDHUL HASAN SEBAGAI WUJUD PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERBANKAN SYARIAH INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IRZA LAILATUL HIKMAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji faktor-faktor keuangan internal yang yang mempengaruhi pertumbuhan qardhul hasan sebagai wujud pelaksanaan corporate social responsibility (CSR) pada perbankan syariah di Indonesia selama tahun 2011- 2017. Sasaran populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syari ah (BUS) yang secara rutin mempublikasikan laporan keuangan dan laporan penggunaan dana kebajikan qardhul hasan dalam periode tahun penelitian. 7 dari 13 Bank Umum Syariah yang ditelit i dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah dana kebajikan qardhul hasan (QH), sedangkan variabel independen adalah faktor -faktor keuangan internal yang diukur dengan nilai Non Performing Financing (NPF), Net Imbalan (NI), Efisiensi Operasional (BOPO) dan Biaya Promosi (BP). Melalui analisis data panel menggunakan metode random effect model , hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan (NPF, NI, BOPO, dan BP) memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan dana kebajikan qardhul hasan (QH). Secara parsial, variabel yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan dana kebajikan qardhul hasan yaitu NPF dan Biaya Promosi, sedangkan variabel yang memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap pertumbuhan qardhul hasan yaitu NI dan BOPO. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan agar bank syariah dapat mengoptimalkan dana kebajikan qardhul hasan agar lebih produktif untuk kebutuhan masyarakat dengan cara menstabilkan rasio NPF serta memaksimalkan Biaya Promosi, dan menyeimbangkan rasio NI dan meminimalisir rasio BOPO. Kata Kunci: Qardhul Hasan, Non Performing Financing (NPF), Net Imbalan (NI), Efisiensi Operasional (BOPO), Biaya Promosi (BP), Bank S yariah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN IMPLIKASINYA PADA NILAI PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Anhar Firdaus, 2018)

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE FINANCIAL PERFORMANCE TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITYRN(STUDI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA) (MAULIDAN, 2015)

THE INFLUENCE OF CORPORATE PROFITABILITY AND CORPORATE LIQUIDITY ON CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (AN EMPIRICAL STUDY IN MANUFACTURING COMPANY LISTED ON INDONESIA STOCK EXCHANGE YEAR 2011-2015) (Fadli Nora Iranda, 2017)

PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN TIPE INDUSTRI DAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN INDEKS KOMPAS 100 DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2019) (ERHA ISRA NADHARA, 2021)

PENGARUH DEWAN PENGAWAS SYARIAH, INTELLECTUAL CAPITAL, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA BANK SYARIAH DI INDONESIA (RENNY ZULIANA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy