SEJARAH PERTERNAKAN AYAM BOILER DI KABUPATEN ACEH BESAR 1995-2016 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

SEJARAH PERTERNAKAN AYAM BOILER DI KABUPATEN ACEH BESAR 1995-2016


Pengarang

Mirza Saputra - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206101020015

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Subject
-
Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Saputra, Mirza. 2017. Sejarah Peternakan Ayam Broiler di Kabupaten Aceh Besar 1995-2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:


(1) Drs. Teuku Abdullah, SH. MA (2) Drs. Zainal Abidin, M.Si


Kata Kunci: Sejarah, Peternakan, Ayam Broiler dan Aceh Besar.
Penelitian yang berjudul “Sejarah Peternakan Ayam Broiler di Kabupaten Aceh Besar 1995-2016”, ini bertujuan untuk (1) mengetahui latar belakang berdirinya peternakan ayam Broiler di Aceh Besar, 1995-2016, (2) menjelaskan perkembangan usaha peternakan ayam broiler di Aceh Besar, 1995-2016 dan (3) menjelaskan pengaruh peternakan ayam Broiler terhadap masyarakat dan pemerintah di Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode sejarah yang terdiri dari lima langkah yaitu pemilihan tema, heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) usaha peternakan ayam Broiler di Kabupaten Aceh Besar dimulai sejak tahun 1995 yang diawali dengan sistem secara mandiri dan sejak 2007-2008 mulailah masuk perusahaan sehingga telah menjadikan sebagian pengusaha meninggalkan usaha secara mandiri dan memilih bergabung dengan mitra perusahaan, (2) perkembangan usaha ayam Broiler di Kabupaten Aceh Besar 1995-2016 terlihat dari beberapa aspek, yaitu: jumlah populasi, produksi daging, jumlah pemotongan ayam Broiler dan pemasukan ayam Broiler, (3) usaha peternakan ayam Broiler telah membawa pengaruh bagi masyarakat yaitu terbukanya lapangan pekerjaan dan menarik masyarakat menjadi tenaga pekerja serta mendukung pendapatan daerah dan membawa Kabupaten Aceh Besar dikenal sebagai salah satu sentral ayam pedaging di Provinsi Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK