//

AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ANTIBAKTERI DARI EKSTRAK ETANOL AKAR SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Siti Nuri - Personal Name
Bahasa Indonesia
Fakultas PROGRAM STUDI PENDIDIKAN JASMANI, KESEHATAN DAN REKREASI JURUSAN PENDIDIKAN OLAHRGA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Nuri, Siti. 2018. aktivitas antioksidan dan antibakteri dari ekstrak etanol akar senggani (Melastoma malabathricum L.). Skripsi, Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Musri, M.Sc., (2) Dra. Erlidawati, M..Si Kata kunci: maserasi, antioksidan, antibakteri, akar senggani Telah dilakukan penelitian tentang aktivitas antioksidan dan antibakteri dari ekstrak etanol akar senggani (Melastoma malabathricum L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dari antioksidan ekstrak etanol akar senggani dan potensi ekstrak etanol akar senggani dalam menghambat aktivitas bakteri Escherichia coli. Tahapan penelitian ini dimulai dari preparasi, maserasi dan uji antioksidan serta uji antibakteri. Maserasi menggunakan pelarut etanol 96% dan menghasilkan ekstrak etanol akar senggani. Pengujian antioksidan ekstrak etanol akar senggani menggunakan metode DPPH pada λ=517 nm. Pengujian antibakteri ini dilakukan dengan metode difusi, , terdiri dari 5 kelompok perlakuan yaitu yaitu kelompok pertama kontrol negatif (aquadest steril), kelompok kedua kontrol positif (nistatin 100 µg), kelompok 3, 4 dan 5 dengan konsentrasi ekstrak etanol akar senggani (75, 100, dan 125 ppm) dengan 3 kali pengulangan. Hasil penelitian menunjukkan (1) IC50 dari ekstrak etanol akar senggani sebesar 4.67 ppm dibandingkan dengan IC50 Vitamin C sebesar 4.01 ppm, (2) ekstrak etanol akar senggani memiliki zona hambat pada uji antibakteri dengan konsentrasi 75, 100, 125 ppm masing-masing sebesar 11.16, 11.66, 12.16 mm, dan zona hambat pada kontrol positif sebesar 9.5 mm. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol akar senggani memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat dan berpotensi dalam menghambat aktivitas bakteri Escherichia coli.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR FLAVONOID TERIKAT DARI EKSTRAK ETANOL DAUN SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) SEBAGAI OBAT LUKA SAYAT PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR (ROSMIANI, 2018)

POTENSI AKAR MELASTOMA MALABATHRICUM L. TERHADAP PENURUNAN KADAR GULA DARAH PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS GALUR WISTAR HIPERGLIKEMIA (Nurjaya, 2019)

PEMBERIAN EKSTRAK BUAH SENGGANI (MELASTOMA MALABATHRICUM L.) UNTUK MENURUNKAN KADAR KOLESTEROL PADA TIKUS RATTUS NORVEGICUS HIPERKOLESTEROLEMIA (ZAHRINA, 2020)

EKSTRAKSI ANTOSIANIN DARI BUAH SENGGANI (MELASTOMA POLYANTHUM BI.) DENGAN VARIASI RASIO BAHAN DENGAN PELARUT DAN KONSENTRASI ASAM SITRAT (TRYSIA ZULFINA, 2017)

INFORMASI INI AKAN DIPUBLIKASI PADA JURNAL TERINDEKS SCOPUS (Putri Rahmadani, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy