//

HUBUNGAN BERAT BADAN LEBIH (OVERWEIGHT) DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ferlijan Abdima - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak Overweight status gizi tidak seimbang akibat asupan gizi yang berlebihan. Overweight merupakan faktor resiko utama timbulnya penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular dan gangguan mekanik pada dinding dada yang akan menyebabkan gangguan fungsi paru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara berat badan lebih (overweight) dengan kapasitas vital paru pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini merupakan analitik observasional dengan desain cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah dengan metode non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dan diperoleh 64 responden. Nilai fungsi paru yang dikategorikan yaitu normal, gangguan ringan dan gangguan sedang. Analisis univariat digunakan untuk menghitung distribusi frekuensi tiap variabel dan analisis bivariat yang digunakan adalah uji statistik Chi-Square untuk mengetahui hubungan antara overweight dengan kapasitas vital paru. Hasil dari penelitian ini bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara overweight dengan kapasitas vital paru (p = 0,132). Hal tersebut dimungkinkan karena banyaknya responden yang tidak mengalami retriksi atau gangguan fungsi paru.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN OBESITAS DENGAN KAPASITAS VITAL PARU MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (yunianna sari hasibuan, 2015)

EVALUASI KAPASITAS VITAL PARU PADA PETANI KAMPUNG PISANG KECAMATAN SAKTI KABUPATEN PIDIE (JULIANDI, 2018)

HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DENGAN PENINGKATAN INDEKS MASSA TUBUH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (PUTRI RAHMADHANI, 2017)

HUBUNGAN ANTARA MEROKOK DENGAN INDEKS MASSA TUBUH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (SANDO P MALAU, 2017)

HUBUNGAN DURASI TIDUR, TINGKAT STRES DENGAN KELEBIHAN BERAT BADAN PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (JULIO LEVI SINAGA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy