//

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI ANTARA POLA TANAM PADI-PADI DAN PADI-JAGUNG DI KECAMATAN BAMBEL KABUPATEN ACEH TENGGARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sarah Muliana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak. Saat ini para petani di Kabupaten Aceh Tenggara banyak menanami tanaman padi pada lahan sawahnya dikarenakan masuknya varietas bibit unggul serta pengairan untuk mengairi sawah petani sudah sangat baik. Hal ini sangat berbanding terbalik pada beberapa tahun yang lalu dimana saluran irigasi tidak tersedia dengan baik sehingga petani banyak membudidaya tanaman jagung pada lahan sawahnya. Namun demikian, sebagian besar petani masih membudidaya tanaman jagung pada lahan sawahnya dikarenakan faktor lahan yang mendukung untuk ditanami jagung serta kebiasaan petani sendiri dalam mengusahakan lahannya untuk menanami tanaman jagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pendapatan usahatani antara pola tanam padi- padi dan padi-jagung di Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, wawancara, observasi dan kuesioner serta kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan rata- rata pendapatan usahatani per hektar yang menggunakan pola tanam padi-padi sebesar Rp 48.672.779 per Ha/MT dan Rp 48.810.638 jika digabungkan maka sebesar Rp 97.483.417,58 per tahun dan yang menggunakan pola tanam padi-jagung sebesar Rp 49.324.627 per Ha/MT dan Rp 19.438.487 per Ha/MT jika digabungkan maka sebesar Rp 68.763.113,07 per tahun. Dari hasil yang diperoleh dari perhitungan perbandingan menunjukkan bahwa Ho, yaitu Pendapatan usahatani pola tanam padi-padi berbeda dibandingkan dengan padi-jagung yakni pendapatan usahatani pola tanam padi-padi lebih besar dibandingkan dengan pola tanam padi-jagung. Kata kunci: Pola Tanam, Usahatani, Pendapatan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH POLA TANAM PADI- KACANG TANAH DAN PADI- PADI DI KECAMATAN MANGGENG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (H A M D I, 2021)

PENGARUH POLA TANAM TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI DI KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN ACEH BESAR (Faisal Akbar, 2021)

ANALISIS KOMPARASI POLA TANAM TERHADAP KEUNTUNGAN PETANI DI DAERAH IRIGASI LEUBOK KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR (Khaidar Fajri, 2016)

OPTIMASI POLA TANAM USAHATANI SELADA DAN SAWI DI DAERAH PRODUKSI PADI (STUDI KASUS DESA LAM SEUNONG, KECAMATAN KOTA BARO, KABUPATEN ACEH BESAR) (Khalik Rahmad, 2020)

KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHATANI PADI SAWAH TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI KECAMATAN INGIN JAYA KECAMATAN KABUPATEN ACEH BESAR (Desi Afrina, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy