//

ANALISIS SEBARAN ANOMALI MAGNETIK UNTUK MEREKONSTRUKSI STRUKTUR GUA DI SITUS GUA JEPANG KRUENG ANOI, ACEH BESAR.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Hikmah Saputri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian geofisika dengan menggunakan metode magnetik telah dilakukan untuk merekonstruksi struktur gua pada studi kasus Gua Jepang, Krueng Anoi, Aceh Besar. Proses akuisisi data magnetik dilakukan selama tiga hari dengan menggunakan peralatan Proton Precession Magnetometer (PPM). Luas wilayah penelitian adalah 24 x 34 meter dengan titik pengukuran dibuat dalam bentuk grid dan spasi antar titik satu sampai dua meter. Pada penelitian magnetik ini, anomali yang diperoleh adalah anomali medan magnetik total. Berdasarkan anomali medan magnetik total dilakukan pemisahan anomali regional dan residual. Anomali residual didapat setelah data anomali regional diangkat sehingga diperoleh gambaran struktur dangkal pada lokasi penelitian. Berdasarkan anomali residual, respon anomali yang diperoleh bernilai rendah (negatif) yaitu -200 nT hingga -450 nT. Bentuk bangunan Gua Jepang ditandai oleh pola-pola kelurusan yang melintang dari Barat ke Timur. Pada metode magnetik, interpretasi hasil lebih sulit dari pada pengolahan data, sehingga digunakan penapisan reduksi ke kutub yang merupakan metode untuk mempermudah dalam interpretasi data anomali medan magnetik total. Berdasarkan interpretasi kualitatif, keberadaan Gua Jepang diduga memiliki bentuk persegi panjang yang dapat direkontruksi ulang dengan ukuran panjang gua lebih kurang 12 meter, dan lebar lebih kurang 6,5 meter. Kata kunci: Metode magnetik, anomali medan magnetik total, anomali residual, Gua Jepang.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI BAWAH PERMUKAAN BERDASARKAN ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL REDUKSI KE KUTUB DAN EKUATOR PADA BENTENG KUTA BATEE TRUMON, ACEH SELATAN (Ulfia Firnanda, 2016)

INTERPRETASI DATA ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL PADA KAWASAN POTENSI PANASBUMI IE JU (CUT AFRIYANA SARY, 2015)

ANALISIS RESPON ANOMALI GRAVITASI SECARA KUALITATIF UNTUK IDENTIFIKASI SITUS GUA JEPANG KRUENG ANOI, ACEH BESAR (Nabilla Febriani, 2018)

INTERPRETASI DATA ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL TRANSFORMASI REDUKSI KE KUTUB DI PULAU WEH (Kendek, 2017)

PEMETAAN BAWAH PERMUKAAN MANIFESTASI PANAS BUMI IE JU BERDASARKAN DATA ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL PEMETAAN BAWAH PERMUKAAN MANIFESTASI PANAS BUMI IE JU BERDASARKAN DATA ANOMALI MEDAN MAGNETIK TOTAL (SITI FATIMAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy