Evaluasi Kegiatan Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung Negara (Studi Kasus Pada Bangunan Gedung SMKN 3 Banda Aceh) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

Evaluasi Kegiatan Pemeliharaan dan Perawatan Bangunan Gedung Negara (Studi Kasus Pada Bangunan Gedung SMKN 3 Banda Aceh)


Pengarang

Miftahul Jannah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0904101010084

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Sipil (S1) / PDDIKTI : 22201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Teknik., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

690.523

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kegiatan pemeliharaan dan perawatan bangunan gedung negara dilaksanakan dengan tujuan menjaga, meningkatkan serta mempertahankan fungsi gedung tersebut. Begitu juga halnya dengan gedung SMKN yang merupakan salah satu bangunan negara dimana kegiatan pemeliharaan yang dilakukan harus mengikuti persyaratan keandalan bangunan yang telah ditetapkan dalam peraturan pemerintah, sehingga dibutuhkan sebuah evaluasi terhadap kegiatan ini. Disamping itu terdapat beberapa faktor manajemen yang mempengaruhi kinerja pemeliharaan dan perawatan bangunan yaitu program kerja, sistem evaluasi/kontrol, keberadaan pegawai/organisasi kerja dan pembiayaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesesuaian penerapan kegiatan pemeliharaan dan perawatan keandalan bangunan berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 24/PRT/M/2008 dengan melakukan penilaian kondisi bangunan gedung SMKN 3 Banda Aceh serta mengetahui seberapa besar pengaruh faktor-faktor manajemen kinerja yang mempengaruhi kegiatan tersebut. Penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu tahap pengumpulan data dan tahap analisis data. Pengumpulan data berupa peninjauan hasil kegiatan pemeliharaan apakah sudah mengarah atau belum dengan melakukan penilaian kondisi bangunan dan wawancara dengan pengelola gedung. Tahap analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh berupa penerapan syarat-syarat pemeliharaan keandalan gedung yang baik pada SMKN 3 Banda Aceh. Kondisi ruang secara keseluruhan yaitu persentase ruang dengan kondisi sangat baik adalah 43,75% dan kondisi baik adalah 56,25%. Kerusakan yang dominan terjadi adalah kerusakan ringan, rekomendasi yang diberikan yaitu pelaksanaan rehabilitasi bangunan gedung terutama pada plafon lantai 2 dan peningkatan pemeliharaan kebersihan. Penerapan faktor-faktor manajemen pemeliharaan dan perawatan bangunan SMKN 3 Banda Aceh adalah 62,5%. Faktor-faktor manajemen yang paling kurang keberadaannya adalah faktor pembiayaan.

Kata kunci : evaluasi, pemeliharaan, perawatan, gedung SMKN 3 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK