IDENTIFIKASI LAPISAN AKUIFER MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS DI GAMPONG LAMBUNG KECAMATAN MEURAXA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

IDENTIFIKASI LAPISAN AKUIFER MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK RESISTIVITAS DI GAMPONG LAMBUNG KECAMATAN MEURAXA BANDA ACEH


Pengarang

DIMAS KURNIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1304107010050

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Geofisika (S1) / PDDIKTI : 33201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telah dilakukan penelitian untuk mencari akuifer air tanah dengan mengunakan metode Geolistrik Resistivitas Konfigurasi Wenner-Schlumberger di Gampong Lambung, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan pada 2 lintasan pengukuran dengan panjang lintasan 200m dan jarak antar elektroda 5m menggunakan Terameter ABEM SAS 4000. Data yang diperoleh saat akuisisi berupa nilai resistivitas semu dan diinversi menggunakan software Res2Dinv untuk mendapatkan penampang 2D litologi bawah permukaan. Hasil inversi diinterpretasikan berdasarkan sebaran variasi nilai resistivitas batuan. Pada lintasan 1 diperoleh akuifer semi-tertekan pada lapisan kedua dengan nilai resistivitas batuan 0.14 ?m - 5 ?m dengan kedalaman 6.7m – 30m, berupa batuan pasir, kerikil dan lempung. Pada lintasan 2 diperoleh akuifer semi-tertekan pada lapisan kedua dengan nilai resistivitas batuan 0.11 ?m - 3 ?m dengan kedalaman 7m – 30m, berupa batuan pasir, kerikil, dan lempung. Akuifer yang didapat telah terintrusi air laut sehingga tidak layak digunakan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK