//

PENGARUH PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SCIENTIFIC TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS VIII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ernawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Prestasi belajar fisika siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, metode pembelajaran dan partisipasi diduga turut mempengaruhi hasil belajar fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh partisipasi siswa dalam pembelajaran scientific terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh yang berjumlah 24 orang siswa. Adapun yang menjadi hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan partisipasi siswa dalam pembelajaran scientific terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh. Pengumpulan data partisipasi dilakukan dengan teknik observasi dan data prestasi siswa diambil data tes hasil belajar fisika yaitu nilai postest siswa pada materi getaran dan gelombang, sedangkan pengolahan data menggunakan statistik korelasi, selanjutnya digunakan uji t untuk melihat tingkat pengaruh partisipasi siswa terhadap prestasi belajar fisika. Hasil pengolahan data diperoleh koefisien korelasi 0,95, nilai ini berada dalam kriteria korelasi tinggi. Sedangkan nilai thitung (14,3) dan ttabel (1,72) pada taraf signifikan 5%. Dengan membandingkan nilai thitung dengan ttabel pada taraf signifikan 5% maka diperoleh thitung > ttabel . Hasil ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara partisipasi siswa dalam pembelajaran scientific terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh. Kata Kunci : partisipasi, pembelajaran scientific, prestasi belajar fisika.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Putri Zuhra, 2013)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERIPERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMPN 18 BANDA ACEH (Irna Handri Mastuti, 2016)

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI FISIKA DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Sri Wahyuni, 2015)

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KALOR PADA SISWA KELAS VII7 SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Tika Yuliana, 2014)

PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Syarifah Zahara, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy