HUBUNGAN OBESITAS DENGAN ASMA BRONKIAL PADA DI POLIKLINIK ANAK BLUD RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN OBESITAS DENGAN ASMA BRONKIAL PADA DI POLIKLINIK ANAK BLUD RSUD DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH


Pengarang

Taufiqurrahman - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1007101010025

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

616.398

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Asma adalah salah satu penyakit kronik yang paling sering menyerang anak-anak. Banyak penelitian telah dilakukan untuk mencari hubungan asma dan obesitas tetapi belum pernah ada penelitian serupa yang dilakukan di Aceh. Penelitian ini menggunakan rancangan case-control yang dilaksanakan pada bulan November sampai Desember 2013. Jumlah kasus adalah 36 responden dan jumlah kontrol adalah 36 responden. Data diperoleh dari rekam medik, wawancara dan pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tertinggi dari responden yang terlibat adalah laki-laki (61,1%) dan rentang usia terbanyak adalah 9-12 tahun (47,2%). Dari 72 responden didapatkan perincian 8 orang (11,1%) dengan IMT obesitas dan 64 orang (88,9%) lainnya tidak obesitas. Analisis bivariat menunjukkan bahwa obesitas tidak memiliki hubungan dengan asma bronkial pada anak (p=0,71) (OR=1,77; 95% CI 0,39 – 8,05). Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara obesitas dan asma pada anak tetapi obesitas meningkatkan risiko terjadinya asma pada anak sebesar 1,77 kali.
Kata Kunci: Faktor risiko, Obesitas, dan Asma

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK