//

DAMPAK MIGRASI TERHADAP DESA YANG DITINGGALKAN: STUDI KASUS KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NASWATUN ZIKRA - Personal Name
SubjectPLURALISM (SOCIAL SCIENCES) - SOCIOLOGY - ACEH (IN
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

Abstrak Judul : Dampak Migrasi terhadap Desa yang Ditinggalkan: Studi Kasus Kabupaten Pidie Nama : Naswatun Zikra NIM : 1401101010055 Fakultas : Ekonomi dan Bisnis Jurusan : Ekonomi Pembangunan Pembimbing : Fakhruddin, S.E., M.S.E Konsentrasi : Ekonomi Regional Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa dampak dari migrasi keluar terhadap produktivitas pertanian di Kabupaten Pidie. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari pihak pertama atau informan yaitu masyarakat Kabupaten Pidie, melalui wawancara langsung dan indepth interview menggunakan kuisioner yang telah disediakan. Penentuan sampel disesuaikan dengan kemampuan peneliti dalam menjangkau wilayah penelitian responden dan kualitas dari responden atau sampel itu sendiri. Model analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa migrasi tidak memiliki dampak terhadap produktivitas pertanian di Kabupaten Pidie. Hal ini dikarenakan para migran sebelum migrasi tidak termasuk dalam proses produksi pertanian, mereka bukan tenaga kerja pertanian. Jadi ketika migran melakukan migrasi, produktivitas pertanian akan berjalan seperti biasanya. Penelitian ini merekomendasikan kebijakan pemerintah agar menyediakan lebih banyak lapangan pekerjaan di Kabupaten Pidie terutama sektor non pertanian, agar tenaga kerja yang gagal masuk dalam sektor pertanian memiliki pilihan lain. Hal yang dapat dilakukan seperti menarik investor dari luar, mendirikan BUMN dan meningkatkan kualitas Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di sana. Pemerintah juga perlu mengembangkan inovasi teknologi, agar dapat mendukung kegiatan produksi sektor pertanian. Sehingga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih maju. Kata kunci: Migrasi, Produktivitas Pertanian, Tenaga Kerja

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MIGRASI PENDUDUK KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE (TAZLIATUN NUFUS, 2019)

POLA MIGRASI MASYARAKAT PIDIE YANG BERPROFESI PEDAGANG PASCA TSUNAMI DI KOTA BANDA ACEH (RIZKA MAULANA, 2016)

PENGARUH PENDIDIKAN, PENGANGGURAN DAN PENDAPATAN TERHADAP MIGRASI DI PROVINSI ACEH (RAEHAN DWIANSYAH PUTRI, 2020)

FAKTOR PENYEBAB MENINGKATNYA KASUS PERCERAIAN DI KABUPATEN PIDIE (STUDI KASUS DI KOTA SIGLI) (Cut Novi Maulanadewi, 2018)

ANALISIS FINANSIAL USAHA PENGGILINGAN PADI STUDI KASUS PADA UD. USRAM DESA BEUREUNUEN KECAMATAN MUTIARA KABUPATEN PIDIE (Rachmat Randy Ramadhan, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy