//

PENERAPAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT PADA SISWA KELAS XI SMKN 5 TELKOM BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ika Kurnia Ananda - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHING METHODS
CEMICAL - TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas, dan tanggapan siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit melalui pembelajaran dengan pendekatan Project Based Learning (PjBL). Penelitian dilakukan di SMKN 5 Telkom Banda Aceh pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Subjek dari penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas XI Akses 1. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara purposif. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan dengan memberi tes yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan tugas proyek dengan menggunakan lembar penilaian proyek dan produk. Data aktivitas siswa dikumpulkan menggunakan lembar penilaian aktivitas dan data tanggapan siswa dikumpulkan melalui angket. Pengolahan data hasil belajar dilakukan dengan menghitung nilai ketuntasan individual yang dibandingkan dengan KKM. Uji korelasi antara nilai tes dan tugas proyek dilakukan dengan menghitung koefisien korelasi dengan uji korelasi Product-Moment. Data penilaian aktivitas dan tanggapan siswa diinterpretasi menggunakan standar kriteria yang ditetapkan. Hasil analisis menunjukkan 77% siswa mencapai nilai KKM. Namun, antara nilai tes dan tugas proyek menunjukkan korelasi yang sangat rendah dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,159. PjBL juga memberikan pengaruh positif terhadap aktivitas dan tanggapan siswa. Nilai rata-rata aktivitas yang diperoleh siswa dalam kelompok sebesar 83 dan persentase tanggapan positif dari siswa sebesar 79%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa PjBL sesuai diterapkan pada siswa kelas XI Akses 1 SMKN 5 Telkom Banda Aceh meskipun nilai tes dan tugas proyek menunjukkan korelasi yang sangat rendah karena PjBL tidak hanya menilai aspek koginitif saja, tetapi mencakup aspek psikomotor sesuai yang diharapkan pada kurikulum SMK. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menerapkan pembelajaran dengan pendekatan project based learning pada siswa SMK. Kata kunci : project based learning, hasil belajar, aktivitas siswa, tanggapan siswa, siswa SMK

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI KELAS X SMA NEGERI 1 PEUKAN BADA (Nanda Silvia Mutia, 2015)

PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI MICROSOFT POWERPOINT PADA PEMBELAJARAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DI KELAS X SMAN 6 LAMJABAT BANDA ACEH (Muhammad Jamil, 2014)

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING RNPADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT UNTUK SMA/MA KELAS X (Feri Safrina, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy