PENERAPAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT PADA SISWA KELAS XI SMKN 5 TELKOM BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING DALAM MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT PADA SISWA KELAS XI SMKN 5 TELKOM BANDA ACEH


Pengarang

Ika Kurnia Ananda - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906103040030

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas, dan tanggapan siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit melalui pembelajaran dengan pendekatan Project Based Learning (PjBL). Penelitian dilakukan di SMKN 5 Telkom Banda Aceh pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Subjek dari penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas XI Akses 1. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara purposif. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan dengan memberi tes yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda dan tugas proyek dengan menggunakan lembar penilaian proyek dan produk. Data aktivitas siswa dikumpulkan menggunakan lembar penilaian aktivitas dan data tanggapan siswa dikumpulkan melalui angket. Pengolahan data hasil belajar dilakukan dengan menghitung nilai ketuntasan individual yang dibandingkan dengan KKM. Uji korelasi antara nilai tes dan tugas proyek dilakukan dengan menghitung koefisien korelasi dengan uji korelasi Product-Moment. Data penilaian aktivitas dan tanggapan siswa diinterpretasi menggunakan standar kriteria yang ditetapkan. Hasil analisis menunjukkan 77% siswa mencapai nilai KKM. Namun, antara nilai tes dan tugas proyek menunjukkan korelasi yang sangat rendah dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,159. PjBL juga memberikan pengaruh positif terhadap aktivitas dan tanggapan siswa. Nilai rata-rata aktivitas yang diperoleh siswa dalam kelompok sebesar 83 dan persentase tanggapan positif dari siswa sebesar 79%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa PjBL sesuai diterapkan pada siswa kelas XI Akses 1 SMKN 5 Telkom Banda Aceh meskipun nilai tes dan tugas proyek menunjukkan korelasi yang sangat rendah karena PjBL tidak hanya menilai aspek koginitif saja, tetapi mencakup aspek psikomotor sesuai yang diharapkan pada kurikulum SMK. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menerapkan pembelajaran dengan pendekatan project based learning pada siswa SMK.
Kata kunci : project based learning, hasil belajar, aktivitas siswa, tanggapan siswa, siswa SMK

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK