PENINGKATAN PH AIR ASAM TAMBANG DAN ADSORPSI ION CU2+ DENGAN MENGGUNAKAN ADSORBEN BATUBARA TERAKTIVASI KIMIA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENINGKATAN PH AIR ASAM TAMBANG DAN ADSORPSI ION CU2+ DENGAN MENGGUNAKAN ADSORBEN BATUBARA TERAKTIVASI KIMIA


Pengarang

M Arif Revani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1304108010043

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Pertambangan (S1) / PDDIKTI : 31201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Pertambangan merupakan aktivitas yang dapat menghasilkan dampak yang besar terhadap lingkungan. Salah satu dampak lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas penambangan adalah timbulnya air asam tambang. oleh sebab itu diperlukan cara yang tepat untuk menanggulangi air asam tambang, salah satunya dengan memanfaatkan batubara sebagai media penyerap logam-logam berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan efisiensi batubara sebagai penetral pH air asam tambang dan penyerap ion Cu2+. Konsentrasi batubara teraktivasi kimia yang digunakan bervariasi, yaitu 0,5 M, 0,25 M, dan 0,125 M, masing-masing variabel diaktivasi dengan metode aktivasi fisika selama 2 jam untuk menghilangkan pengotor dan memperluas permukaan adsorben batubara. Pengujian penetralan dilakukan selama 120 menit dan adsorpsi ion Cu2+ dilakukan selama 60 menit. Hasil dari penelitian ini adalah penetralan pH terbaik terjadi pada sampel batubara teraktivasi kimia NaOH 0,5 M dengan pH 6,05 selama waktu kontak 120 menit dan penyerapan ion Cu2+ terbaik terjadi juga pada sampel batubara teraktivasi kimia NaOH 0,5 M dengan kapasitas adsorpsi sebesar 24,237 mg/g dan efisiensi penyerapan 99,581% pada konsentrasi Cu2+ 52,312 mg/L. Penelitian ini mengikuti kedua model persamaan isoterm yaitu isoterm Langmuir dan Freundlich dengan nilai R2 dari Langmuir sebesar 0,9591 dan nilai R2 dari Freundlich sebesar 0,9447 dan mengikuti persamaan orde 2 semu dengan nilai R2 sebesar 1.
Kata kunci: air asam tambang, pH, batubara, adsorpsi, aktivasi kimia

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK