//

PERANCANGAN SLUICE BOX DENGAN PENAMBAHAN SERAT IJUK (ARRENGA PINATA0 PADA PERTAMBANGAN EMAS ARTISANAL GEUMPANG, PIDIE, ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Wildan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penambangan emas tradisional yang berlokasi di Geumpang, Pidie, Aceh masih menggunakan merkuri secara berlebihan sehingga dapat membahayakan bukan hanya lingkungan, juga membahayakan si penambang serta orang-orang yang berada di sekitar penambangan berlangsung. Oleh karena itu perlu adanya pengurangan penggunaan merkuri atau pengoptimalan penggunaan merkuri sehingga pencemaran merkuri berkurang. Hal ini dilakukan dengan memodelkan alat dengan menggunakan toeri separasi gravitasi dimana alat yang dibuat melakukan pemisahan emas dari pengotornya dengan menggunakan gravitasi. Pembuatan model ini dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi emas sehingga mengoptimalkan penggunaan merkuri. Berdasarkan model didapatkan emas mengendap pada kecepatan 0,0193 m/s untuk ukuran partikel halus kurang lebih sebesar 4,4 mikrometer, sedangkan terjadi pengendapan pada kecepatan 1,0431 m/s untuk ukuran kurang lebih 2 milimeter. Model ini juga memanfaatkan serat ijuk sebagai penggati karpet untuk mengekstrasi emas.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DESAIN SLUICE BOX PADA PROSES PEMISAHAN EMAS DI PERTAMBANGAN EMAS ARTISANAL GEUMPANG, PIDIE, ACEH. (Syarifah Rahmi Safira, 2017)

PERANCANGAN SLUICE BOX DENGAN PENAMBAHAN SERAT IJUK (ARRENGA PINATA0 PADA PERTAMBANGAN EMAS ARTISANAL GEUMPANG, PIDIE, ACEH (Muhammad Wildan, 2018)

JARINGAN SOSIAL ANTAR TOKE PERTAMBANGAN EMAS DI KECAMATAN GEUMPANG KABUPATEN PIDIE (Ainal Mardhiah, 2019)

PENGARUH PENAMBAHAN SERAT IJUK TERHADAP KUAT LENTUR BETON DENGAN VARIASI 2% DAN 4% (DEKKY ALRAHMATILLAH, 2019)

ANALISA PENERAPAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3)TAMBANG BAWAH TANAH DI TAMBANG TRADISIONAL GEUMPANG KABUPATEN PIDIE, ACEH (Ajrina Zahirah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy