//

PROSES BERPIKIR SISWA SECARA KONSEPTUAL DAN SEKUENSIAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL TURUNAN FUNGSI TRIGONOMETRI DI KELAS XII SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Elvira Agustina - Personal Name
SubjectTRIGONOMETRY
MATHEMATICS-ELEMENTARY EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Proses Berpikir, Proses Berpikir Konseptual, Proses Berpikir sekuensial Matematika merupakan ilmu yang diperoleh dari hasil pemikiran dan penalaran, maka diharapkan siswa juga mempunyai kemampuan berpikir yang benar dibidang matematika. Untuk memahami dan menerapkan matematika dalam kehidupan, siswa haruslah menggunakan proses berpikir yang benar dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep matematika. Seorang guru matematika diharapkan dapat memahami proses berpikir siswanya, hal ini dapat menghindari kesulitan siswa saat menerima materi pelajaran yang diberikan serta mengetahui penyebab kesalahan siswa. Proses berpikir konseptual dan sekuensial yang benar merupakan landasan yang memungkinkan terbentuknya pemahaman yang benar terhadap konsep-konsep lain yang berhubungan. Untuk mengetahui bagaimana proses berpikir konseptual dan sekuensial siswa dalam menyelesaikan soal-soal turunan fungsi trigonometri, penulis melakukan penelitian dengan judul “Proses Berpikir Siswa Secara Konseptual dan Sekuensial dalam Menyelesaikan Soal-soal Turunan Fungsi Trigonometri di Kelas XII SMA Negeri 1 Baitussalam’’. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal-soal turunan fungsi trigonometri. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kualitatif yang didapat dari hasil wawancara yang didahului dengan tes. Subjek penelitian ini adalah kelas XII IPA-1 SMA Negeri 1 Baitussalam yang berjumlah 16 orang. Dari hasil tes diperkirakan 9 orang proses berpikir konseptual dan 7 orang proses berpikir sekuensial. Selanjutnya . peneliti memilih 4 orang siswa untuk melakukan wawancara, yang tediri dari 2 subjek dari kelompok berkemampuan tinggi, 2 subjek dari kelompok siswa berkemampuan rendah. Berdasarkan hasil analisis data bahwa 3 subjek (S07, S03 dan S14 ) memiliki ciri-ciri proses proses berpikir konseptual dan 1 subjek (S16) memiliki ciri-ciri proses proses sekuensial. Disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut yang berhubungan dengan proses berpikir sehingga dapat memperkaya pengetahuan guru tentang proses berpikir siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TURUNAN DI KELAS XI IPA MAN DARUSSALAM TAHUN AJARAN 2013/2014 (Syazarwani, 2014)

GAYA BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA KELAS IV DI MIN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Nadia Ananda, 2017)

PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL INVERS MATRIKS DI SMA NEGERI 1 TEUNOM (Yuana Sartika, 2021)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOA-SOAL TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (mursyidah, 2016)

GAYA BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Riska Megarani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy