HUBUNGAN ANTARA OBESITAS DENGAN STRES PSIKOLOGIS PADA REMAJA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI MODEL BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN ANTARA OBESITAS DENGAN STRES PSIKOLOGIS PADA REMAJA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI MODEL BANDA ACEH


Pengarang

NURUL FITRIAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0907101010119

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

616.98

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Obesitas merupakan akumulasi lemak yang berlebihan didalam tubuh dimana kandungan lemak dapat meningkatkan resiko masalah kesehatan. Obesitas adalah suatu masalah kesehatan masyarakat yang sangat serius di seluruh dunia karena berperan dalam meningkatnya morbiditas dan mortalitas dan meningkat di setiap negara, pada setiap jenis kelamin, dan pada semua kelompok usia, ras, keadaan sosial ekonomi dan tingkat pendidikan. Dan usia yang paling sering mendapati masalah obesitas adalah pada usia remaja. Salah satu penyebab obesitas yaitu stres, stres adalah tanggapan atau reaksi tubuh terhadap berbagai tuntutan atau beban atasnya yang bersifat non spesifik. Dan penyebab remaja obesitas mengalami stres adalah terletak pada citra tubuh pada remaja obesitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara obesitas dengan stres psikologis pada remaja di Madrasah Aliyah Negeri Model Banda Aceh. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Body Mass Index (BMI) dan kuesioner Depression Anxietas Stress Scale (DASS). Sampel pada penelitian ini adalah 90 responden yang dikumpulkan dengan teknik random sampling sejak bulan Februari 2013 sampai Mei 2013. Data dianalisa dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil uji Chi-Square menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara obesitas dengan stres, p value (0,000)
Kata kunci : Obesitas, stres, remaja.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK