//

ANALISIS HIDRODINAMIKA DAMPAK GELOMBANG TSUNAMI TERHADAP KONSTRUKSI BREAKWATER DI KAWASAN PANTAI ULEE LHEUE BANDA ACEH DENGAN SIMULASI NUMERIK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putroe Laksmy Bai - Personal Name

Abstrak/Catatan

Ulee Lheue termasuk daerah pesisir di Aceh yang paling parah terkena tsunami. Salah satu bangunan yang rusak akibat tsunami di kawasan pantai Ulee Lheue adalah konstruksi breakwater. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak yang diakibatkan gelombang tsunami terhadap konstruksi breakwater, dengan menganalisis kemampuan konstruksi tersebut menahan gelombang tsunami menggunakan beberapa skenario gempa yang berbeda. Simulasi menggunakan 6 skenario gempa dengan skala 7,4; 7,8; 8,2; 8,6; 9,0; dan 9,15 Mw. Metode perhitungan parameter gempa menggunakan persamaan yang dikembangkan oleh Wells & Coppersmith (1994) dan perhitungan tegangan geser kritis menggunakan persamaan Komar dan Miller (1974). Simulasi pada penelitian ini menggunakan COMCOT (Cornell Multi-grid Coupled Tsunami Model) dan Delft3D. Data hasil yang didapat dari COMCOT berupa fluktuasi muka air, dimasukkan kedalam Delft3D untuk simulasi gelombang dari batas domain ke kawasan yang ditinjau. Hasil yang didapat berupa tinggi gelombang tsunami, kecepatan serta tegangan geser yang terjadi pada konstruksi breakwater tersebut. Kerusakan breakwater dihitung berdasarkan prinsip transportasi sedimen walaupun lapisan pelindung breakwater berbentuk batu besar. Lapisan ini dianggap mengalami kerusakan apabila tegangan geser gelombang tsunami hasil simulasi memiliki nilai yang lebih besar dari tegangan geser kritis dari batu penyusun breakwater tersebut. Pada tsunami dengan skenario gempa 8,6 (single fault), 9 Mw (single fault), dan 9,15 Mw (multifault), diameter maksimum batu penyusun/pengisi bangunan breakwater yang dapat terbawa oleh gelombang tsunami masing-masing adalah 0,38 m, 0,528 m, dan 0,465 m. Dapat disimpulkan pada skala gempa Mw ≥ 8,6 apabila batu yang ukurannya < 0,6 m terbawa arus, maka susunan batu pelindung utama (batu besar yang ukurannya > 0,6 m) pada breakwater jatuh atau bergeser sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada breakwater. Kata kunci : simulasi numerik, breakwater, tegangan geser

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMODELAN FISIK KINERJA DINDING LAUT DAN DUG POOL UNTUK REDUKSI ENERGI GELOMBANG TSUNAMI (Mulya, 2017)

SIMULASI NUMERIK PENGARUH PARAMETER PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP PERUBAHAN MORFOLOGI PANTAI AKIBAT GELOMBANG TSUNAMI (STUDI KASUS : TELUK ULEE LHEUE, ACEH BESAR) (Asrita Meutia, 2016)

ANALISIS SEDIMENTASI KOLAM PELABUHAN ULEE LHEUE PADA KONDISI RE-DESIGN BREAKWATER DENGAN MENGGUNAKAN PIRANTI LUNAK DELFT3D (Cut Rizky Ananda, 2018)

SIMULASI NUMERIK DAMPAK GELOMBANG TSUNAMI TERHADAP PERUBAHAN PROFIL PANTAI (STUDI KASUS : TSUNAMI 26 DESEMBER 2004 DI TELUK ULEE LHEUE, ACEH BESAR) (Tursina, 2016)

PEMODELAN FISIK PENGARUH DINDING LAUT TRAPESIUM DAN DUG POOL TERHADAP ENERGI GELOMBANG TSUNAMI DENGAN VARIASI PENAMPANG MELINTANG PANTAI (Masri Nur Sultan, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy