//

IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA DALAM PROSES PEMILIHAN JURUSAN PENDIDIKAN LANJUTAN (STUDI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SRI ASTUTI - Personal Name
SubjectSTUDY METHOD OF
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2018

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Astuti, Sri. 2018. Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Siswa dalam Proses Pemilihan Jurusan Pendidikan Lanjutan (Studi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh). Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Martunis, M.Si., (2) Zahra Nelissa, S.Pd., M.Ed Kata kunci: faktor-faktor pemilihan jurusan pendidikan lanjutan Pemilihan jurusan pendidikan lanjutan bagi siswa kelas XI SMA merupakan langkah awal dalam mempersiapkan karir di masa depan. Sebelum melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, siswa harus terlebih dahulu menentukan pilihan jurusan yang tepat untuk dirinya. Terdapat berbagai faktor yang mempengaruhi siswa dalam memilih jurusan pendidikan lanjutan yaitu faktor kepribadian, faktor teman sebaya dan faktor bimbingan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor -faktor dominan yang mempengaruhi siswa dalam proses pemilihan jurusan pendidikan lanjutan pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jenis pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 138 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket berbentuk skala. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua faktor yang dominan mempengaruhi siswa dalam proses pemilihan jurusan pendidikan lanjutan, yaitu faktor kepribadian dengan nilai presentase 92% dan faktor orang tua dengan nilai presentase 76%, sedangkan faktor teman sebaya memberikan pengaruh kecil pada siswa dalam proses pemilihan jurusan pendidikan lanjutan karena memiliki nilai presentase 33%. Simpulan penelitian ini adalah siswa kelas XI memilih jurusan karena pengaruh faktor kepribadian dan faktor orang tua.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA SMK NEGERI 1 BANDA ACEH MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI (Rita Zahara, 2017)

ANALISIS KORESPONDENSI BERGANDA DALAM MENGGAMBARKAN KARAKTERISTIK FAKTOR MINAT SISWA SMA NEGERI BANDA ACEH UNTUK MELANJUTKAN STUDI DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (LATHIFAH SETIAWAN, 2020)

ANALISIS MASALAH BELAJAR SISWA JURUSAN IPS DI SMA NEGERI BANDA ACEH (Reka Mulya Castury, 2018)

STUDI LAYANAN INFORMASI TERHADAP SIKAP SISWA DALAM PEMILIHAN JURUSAN PERGURUAN TINGGI (M.fadhli Eka Putra P, 2017)

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI GAROT GEUCEU ACEH BESAR (Ridha Sabrina, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy