//

ISOLASI TERPANDU KOMPONEN UTAMA MINYAK ATSIRI TANAMAN PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT) DAN AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ANTIKANKER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ratna Maira - Personal Name
SubjectNUTMEG
ESSENTIAL OILS - CHEMISTRY
ANTIBODIES
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Kimia Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2017

Abstrak/Catatan

Minyak atsiri tanaman pala (Myristica fragrans Houtt) dari akar, kulit batang, buah, fuli dan biji menggunakan destilasi uap air Stahl. Minyak atsiri fuli, buah, akar, kulit batang, dan biji dilakukan uji antioksidan menggunakan DPPH (difinil pikril hidrazil) dengan IC50 dengan konsentrasi 25 ppm, 50 ppm dan 100 ppm. Hasil uji aktivitas antioksidan pada minyak atsiri fuli dan buah memiliki harga IC50 lebih kuat yaitu 185,943 ppm dan 221,036 ppm dari bagian pala yang lain seperti biji, akar dan kulit batang. Masing-masing minyak atsiri tidak menunjukkan aktivitas antioksidan yang kuat namun hasil isolasi buah pala mempunyai aktivitas antioksidan yang kuat dengan IC50 yaitu 80,555 ppm, berdasarkan analisis GC-MS dari isolasi minyak atsiri buah pala diperoleh senyawa myristicin dengan % area sebanyak 96,52 dan waktu retensi 22,127. Myristicin merupakan salah satu komponen utama dari minyak atsiri tanaman pala yang berperan penting sebagai antioksidan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK N-HEKSANA TANAMAN PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT) (Eralisa, 2017)

ISOLASI DAN ELUSIDASI STRUKTUR KIMIA SENYAWA METABOLIT SEKUNDER DARI DAUN DAN AKAR PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT.) YANG MEMPUNYAI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN ANTIKANKER (Nurmilasari, 2017)

PENGARUH EKSTRAK DAGING BUAH PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT) TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Nurhadisah, 2019)

SINTESIS SENYAWA KOMPLEKS CO (II)DENGAN LIGAN FLAVONOID DARI EKSTRAK AKAR PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT). (Ummu Salamah, 2017)

UJI AKTIVITAS ANTIFUNGAL MINYAK ATSIRI BUAH PALA (MYRISTICA FRAGRANS HOUTT) TERHADAP JAMUR CANDIDA ALBICANS SECARA IN VITRO (T Akmal Kausar, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy