PARTISIPASI SISWA DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PARTISIPASI SISWA DALAM PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH


Pengarang

Munirayati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106104030015

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2018

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK



Munirayati. 2018. Partisipasi Siswa dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dra. Dahliana. Abd, M.Pd., Kons., (2) Drs. Martunis, M.Si

Kata kunci : partisipasi, layanan bimbingan dan konseling

Keberhasilan pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah salah satunya dipengaruhi oleh adanya partisipasi yang dari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, faktor apa saja yang menyebabkan siswa kurang berpartisipasi dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling, dan usaha apa saja yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam menumbuhkan partisipasi siswa untuk mengikuti bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan mix method. Populasi sebagian siswa kelas XI di SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 13 Banda Aceh. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, yaitu masing-masing sekolah berjumlah 14 orang siswa kelas XI. Subjek penelitian 5 orang siswa dari masing-masing sekolah dan 2 orang guru BK. Teknik angket dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan layanan bimbingan dan konseling di sekolah sebagian besar adalah aktif. Ada sebagian kecil siswa kurang berpartisipasi dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling di sekolah, hal ini dikarenakan siswa tidak sepenuhnya tahu tentang BK di sekolah. Usaha yang dilakukan guru bimbingan dan konseling dalam menumbuhkan partisipasi siswa untuk mengikuti layanan bk di sekolah dengan memberikan informasi kepada siswa melalui madding sekolah, membangkitkan semangat positif atau dapat membangun komunikasi yang efektif dengan siswa serta melakukan sosialisasi secara lebih intensif kepada siswa tentang peran dan fungsi Bk di sekolah.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK